Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya dua prajurit TNI AD asal Sulawesi Selatan dalam penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Posramil Kisor, Kabupaten Maybrat, Papua.

Andi Sudirman Sulaiman, juga menghadiri secara langsung upacara pemakaman secara militer jenazah Almarhum Praka Muhammad Dhirhamsyah di Kabupaten Pangkep, Jumat malam.

"Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Atas nama pribadi dan Pemprov Sulsel menyampaikan duka cita atas gugurnya dua prajurit TNI asal Sulsel dalam penyerangan KKB di Papua, yakni Praka Dirhamsah dan Pratu Zul Anshar," kata Andi Sudirman melalui keterangan resminya di Makassar, Sabtu.
 
Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, melakukan penghormatan terakhir dan peletakan karangan bunga di makam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mangilu Kelurahan Samalewa Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Jumat malam,(3/9/2021). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel/aa.

"Mereka merupakan putra terbaik dan kebanggaan Sulawesi Selatan. Semoga segala amalannya diterima disisi-Nya dan diberi ketabahan kepada keluarga yang ditinggalkan, Aamiin," lanjut Andi Sudirman.

Dua orang prajurit TNI yang gugur dalam penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Posramil Kisor, Kabupaten Maybrat, Papua. Keduanya sama-sama bertugas di Posramil Kisor Maybrat.

“Kita tentu turut berduka, saya sampaikan (kepada keluarga) jika meninggal dalam bertugas insya Allah ada tempat khusus (di surga), kita doakan. Prajurit kita ini bertugas menjaga perbatasan dan perdamaian, apalagi prajurit TNI dan ini luar biasa,” ujarnya.

Andi Sudirman juga sempat mengendong dan membelai kepala anak dari Praka Muhammad Dirmansyah, “Belum tahu apa-apa," ucapnya sambil mengusap air mata.

Plt Gubernur juga akan memberikan tabungan kepada anak almarhum. “Diperhatikan baik-baik, kalau ada sesuatu kita butuh (untuk menghubungi),” tambahnya.

Sementara itu, keluarga dari Praka Muhammad Dirmasyah menyatakan rela atas wafatnya almarhum.

"Kami keluarga rela atas ketetapan takdir ini dari Allah SWT. Dan atas kunjungan Pak Plt Gubernur ini kami ucapkan jazakallah khairan kepada beliau dan jajarannya. Semoga Allah membalas kebaikan ini," Adik kandung Muhammad Dirmasyah, Ahmad Ramadan.

Andi Sudirman juga berkesempatan memberikan penghormatan terakhir dan peletakan karangan bunga di makam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mangilu Kelurahan Samalewa Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep.

Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin sebagai Irup Mayjen TNI Syafei Kasno.

Sedangkan di saat yang bersamaan juga dilakukan pemakaman Pratu Zul Anshari di Kabupaten Barru dan bertindak sebagai irup Komandan Korem (Danrem) 141/Toddopuli Brigjen TNI Djashar Djamil.

Baca juga: Komandan Korem 121/ABW sampaikan duka cita gugurnya prajurit di Papua

Baca juga: Kapolda Papua minta TNI-Polri tidak terpancing aksi penembakan KKB

Baca juga: Jenazah 4 korban penembakan KSB dievakuasi dari Kampung Bingki

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021