Program MBKM di dalamnya fokus pada pengembangan kompetensi para mahasiswa baik 'soft skill' maupun 'hardskill'
Depok (ANTARA) - Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Edie Toet Hendratno mendorong mahasiswa ikut Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk meningkatkan kompetensi dan memperluas jaringan.

"Program-program MBKM di dalamnya fokus pada pengembangan kompetensi para mahasiswa baik soft skill maupun hardskill," kata Edie Toet usai acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Pancasila (PKKMB) secara daring di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan mahasiswa UP sendiri banyak yang berminat baik mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Matching Fund, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Indonesian International Student Mobility Awards, Magang Bersertifikat, Studi Independen, Riset Penelitian dan Wirausaha.

Baca juga: UP berikan beasiswa mahasiswa berprestasi bidang sosial kemasyarakatan

Kegiatan MBKM ini terus didorong agar semakin lama semakin banyak mahasiswa yang menjadi peserta, karena konsep MBKM ini pada dasarnya menjadikan mahasiswa lebih bersosialisasi dengan lingkungan di luar kelas.

Universitas Pancasila menyelenggarakan rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Pancasila (PKKMB) secara daring, dan diikuti oleh 2.050 mahasiswa baru.

Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi dari siswa SMA menjadi mahasiswa, dalam rangka proses adaptasi dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Rektor berpesan salah satu kunci orang yang sukses adalah orang yang disiplin, sehingga bagi mahasiswa S1 yang baru masuk ke dunia kuliah harus segera melatih manajemen waktu dan penyelesaian tugas.

Baca juga: Program kampus merdeka, Fikom UP gelar lokakarya UMKM

Sementara itu Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) Dr. Ir. (HC) Siswono Yudo Husodo berharap kepada seluruh mahasiswa baru untuk menjadi pembelajar yang aktif, yang bukan hanya mengambil pelajaran dari para dosen tapi juga aktif menggali ilmu dari teman dan dari seluruh sumber pembelajaran di dunia ini yang dengan mudah diakses.

Siswono mengimbau mahasiswa baru untuk memanfaatkan berbagai program di UP.

Pada saat ini, program Studi di Universitas Pancasila 80 persen terakreditasi A dan sedang menuju Akreditasi Unggul. Sedangkan untuk D3 akan segera diupgrade menjadi D4 atau terapan.

Baca juga: Rektor Universitas Pancasila pimpin Upacara HUT RI dengan busana Jawa

Apabila mahasiswa dapat lulus tepat waktu, semakin besar kesempatan untuk menjadi lulusan professional sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing yang berguna di dunia kerja atau menjadi entrepreneur sebagai pebisnis pemula/start up business.

Pencapaian tersebut dapat tercapai dengan menerapkan manajemen waktu yang baik antara kegiatan perkuliahan dan kemahasiswaan.

Masih banyak lagi program-program untuk mahasiswa yang menarik bagi kalian mahasiswa baru, seperti student exchange, double degree, dan lain-lain.

"Kita juga memilki pusat layanan karir mahasiswa melalui program magang di perusahaan swasta dan BUMN," katanya.

Baca juga: FHUP selenggarakan pendidikan dasar prakualifikasi profesi diplomat

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021