Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau vaksinasi COVID-19 bagi pelajar yang digelar di SMA Negeri 3 Wajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Kamis.

Sebanyak 220 siswa sekolah menengah atas (SMA) mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin Sinovac dalam kegiatan tersebut, berdasarkan keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden, diterima di Jakarta.

Selain di SMAN 3 Wajo, kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi para pelajar juga digelar secara serentak di sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Wajo.

Presiden Jokowi, yang turut menyapa para peserta vaksinasi melalui telekonferensi video, mengatakan bahwa vaksinasi terhadap pelajar di sekolah-sekolah di Kabupaten Wajo berjalan dengan lancar.

Baca juga: Presiden didampingi Ibu Negara bertolak ke Sulsel tinjau vaksinasi

Presiden juga mengapresiasi tim vaksinator dari UPTD Puskesmas Belawa, Wajo, yang melakukan vaksinasi secara pintu ke pintu dengan menggunakan perahu karena wilayah tersebut terdampak banjir. Menurut Presiden, sistem jemput bola penting dilakukan agar vaksinasi COVID-19 dapat menjangkau seluruh masyarakat.

"Bagus kalau bisa dilaksanakan dari pintu ke pintu, vaksinasinya door to door itu akan memberikan pelayanan lebih baik. Kalau memang tidak bisa datang ke tempat vaksinasi, ya memang lebih bagus kalau jemput bola," ujarnya.

Presiden berharap percepatan vaksinasi di berbagai sekolah dapat menekan laju penyebaran COVID-19 sehingga proses pembelajaran tatap muka dapat segera dilaksanakan.

"Kita harapkan makin banyak siswa, murid, santri yang divaksinasi akan mempercepat proses belajar tatap muka yang kita harapkan secepatnya dimulai, karena kita ingin anak-anak segera memperoleh ilmu kembali di sekolah," katanya.

Baca juga: Presiden: Jangan terlalu euforia sikapi perbaikan situasi pandemi

Para pelajar juga diingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 secara ketat.

"Protokol kesehatan harus dijaga ketat terutama pakai masker jangan sampai di lepas. Saya pakai masker sampai double karena penting menjaga kita semuanya agar tidak menularkan dan tidak tertular oleh COVID-19," ujar Presiden.

Selain di SMA Negeri 3 Wajo, Presiden dan Ibu Iriana juga meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Wewangrewu, Kabupaten Wajo. Di sana, kegiatan vaksinasi COVID-19 digelar untuk masyarakat sekitar Kabupaten Wajo.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kegiatan peninjauan vaksinasi ini adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Bupati Wajo Amran Mahmud.

Baca juga: Tak ada lagi kekhawatiran atlet tak punya masa depan


#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021