Madrid (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares pada Jumat tiba di Pakistan untuk meminta bantuan mengamankan evakuasi warga Afghanistan yang bekerja dengan pasukan Spanyol di negara tersebut.

Otoritas Spanyol mengatakan telah mengevakuasi lebih dari 2.200 orang dari Afghanistan, mayoritas warga Afghanistan yang berisiko mendapat pembalasan dari penguasa baru Taliban lantaran telah bekerja untuk pasukan Spanyol, kedutaan besar Spanyol, lembaga Uni Eropa atau pasukan AS selama 20 tahun kehadiran NATO.

"Saya akan berupaya menemukan cara aman untuk membawa warga Afghanistan yang membantu kami, dengan tujuan tidak meninggalkan siapa pun," kata Albares dalam video yang diunggah di Twitter.

Menlu Albares dijadwalkan akan menemui Perdana Menteri Imran Khan, Menteri Luar Negeri Shah Mehmood Qureshi dan Kepala Staf Militer Jenderal Javed Bajwa untuk memberitahu mereka bahwa Madrid akan mengurus warga Afghanistan yang bekerja dengan Spanyol menyeberang ke Pakistan.

Spanyol mengirim 27.000 pasukan ke Afghanistan selama hampir 20 tahun keterlibatan dalam konflik dan 102 tentara mereka tewas di medan perang.

Sumber: Reuters
Baca juga: AS, Spanyol setujui pangkalan militer bagi pengungsian Afghanistan
Baca juga: Penjinak bom Spanyol tewas dalam ledakan di Afghanistan
Baca juga: Spanyol Kirim 511 Prajurit Tambahan ke Afghanistan

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021