Manado (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw mengatakan, pembangunan tol Manado-Bitung ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021.

"Untuk saat ini Tol Manado-Bitung baru sampai di kelurahan Danowudu, jalan tol Manado-Bitung ini ditargetkan selesai 100 persen pada akhir tahun ini,” kata Wagub Steven di Manado, Kamis.

Wagub Steven menerima audiensi PT. JMB yang dipimpin Direktur Utama Charles Lendra, pertemuan membahas soal perkembangan pembangunan tol pertama di Sulut itu.

Kedatangan pihak PT JMB, lanjut Wagub Sulut keenam petahana itu untuk meminta dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten kota tentang operasional jalan tol terpanjang di Sulawesi tersebut.

Pengerjaan tol Manado-Bitung masih tersisa 13 kilometer dari gerbang tol Danowudu hingga gerbang tol Bitung.

"Mari kita doakan agar proyek jalan tol ini bisa berjalan lancar sesuai target, dan masyarakat bisa menikmati fasilitas ini sehingga jarak yang ditempuh Manado-Bitung sudah tidak jauh lagi apalagi terhambat karena kemacetan," tandasnya.

Panjang bentangan jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 kilometer yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi I Manado-Airmadidi sepanjang 14 kilometer yang dibangun pemerintah dan Seksi II Airmadidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dikerjakan PT JMB.

Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung.
Baca juga: Jasamarga butuh 40 tahun kembalikan invetasi tol Manado-Bitung
Baca juga: Ada Tol Manado-Bitung, Presiden berharap wisata Sulut berkembang pesat

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021