Saham Hong Kong "rebound" dipimpin teknologi dan perawatan kesehatan

id saham Hong Kong,indeks Hang Seng

Saham Hong Kong

Logo Hong Kong Exchanges & Clearing Ltd (HKEX) terlihat di distrik pusat keuangan Hong Kong, China, Senin (14/9/2020). ANTARA/REUTERS/Tyrone Siu/am.

Shanghai (ANTARA) - Saham-saham Hong Kong berakhir menguat pada perdagangan Jumat, rebound dari penutupan terendah dalam 10 bulan selama sesi sebelumnya, dengan teknologi dan perawatan kesehatan memimpin kenaikan.

Indikator utama Bursa Efek Hong Kong, Indeks Hang Seng (HSI) bangkit 1,03 persen atau 252,91 poin menjadi ditutup di 24.920,76 poin, sedangkan Indeks China Enterprises bertambah 1,53 persen atau 134,67 poin menjadi menetap di 8.940,47 poin.

Untuk minggu ini, dilansir Reuters, Indeks Hang Seng dan Indeks China Enterprises mencatat kerugian masing-masing anjlok 4,9 persen dan 4,8 persen, penurunan mingguan tertinggi untuk keduanya sejak 20 Agustus.

Saham China Evergrande Group memperpanjang penurunan untuk sesi kelima berturut-turut, berakhir turun 3,4 persen setelah merosot lebih dari 10 persen dalam perdagangan pagi, terendah dalam hampir sepuluh tahun.

Goldman Sachs dan JPMorgan memperingatkan krisis Evergrande dapat menimbulkan risiko limpahan ke sektor properti China yang lebih luas.

Indeks Properti Hang Seng naik tipis 0,3 persen. Untuk minggu ini, mereka kehilangan 8,0 persen, penurunan mingguan terbesar sejak Maret 2020.

Perusahaan properti Country Garden Holdings, China Resources Land Ltd, Hang Lung Properties naik karena investor membeli saat mereka menurunn.

Indeks Keuangan Hang Seng melemah 0,5 persen. Perusahaan keuangan yang memiliki eksposur pinjaman ke sektor real estate turun tajam.

Indeks Teknologi Hang Seng melonjak 3,5 persen setelah kehilangan 1,0 persen di sesi sebelumnya. Raksasa internet Tencent Holdings, Alibaba Group, dan Meituan masing-masing terangkat 2,4 persen, 2,2 persen, dan 3,5 persen.

Subindeks perawatan kesehatan melonjak 5,2 persen, dan Alibaba Health Information Technology dan Wuxi Biologics adalah dua peraih untung harian teratas di Indeks Hang Seng.

Baca juga: Saham Jepang berakhir menguat, indeks Nikkei terangkat 0,58 persen
Baca juga: IHSG akhir pekan ditutup menguat diikuti aksi beli asing
Baca juga: Saham China ditutup menguat ditopang sektor konsumen dan kesehatan

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar