Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Pemerintah Kota Jakarta Selatan  membangun dua taman baru berlokasi di Kebagusan dan Panglima Polim untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di wilayah tersebut.

Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Winarto saat dihubungi di Jakarta, Selasa, mengatakan kedua taman itu masing-masing dinamakan Taman Maju Bersama (TMB) Waru Timbul Kebagusan Pasar Minggu dan TMB Panglima Polim Kebayoran Baru.

"Sedang berjalan ada dua, yaitu TMB Waru Timbul prosesnya sudah 95 persen. Kalau TMB Panglima Polim Kebayoran baru mencapai 60 persen dan diperkirakan selesai akhir Oktober 2021," kata Winarto.

Winarto menuturkan TMB Waru Timbul yang memiliki luas sekitar 535 meter persegi itu nantinya akan diisi dengan beberapa fasilitas pendukung seperti mulai bangku taman hingga penyediaan lahan untuk pertanian perkotaan (urban farming).

Sementara itu, di TMB Panglima Polim, Kebayoran Baru akan disediakan satu lapangan futsal multifungsi karena luas totalnya mencapai 1.337 meter persegi,

"TMB Panglima Polim nanti ada lapangan futsal multifungsi, panggung utama, pos jaga, dan area lansia, fasilitas parkir untuk sepeda, dan area bermain anak-anak," kata Winarto.

Ia mengungkapkan pembangunan kedua taman ini berangkat dari aspirasi warga setempat yang menginginkan adanya ruang terbuka hijau.
Karena itu, kata dia, pada proses pembangunan, pihaknya berkoordinasi bersama warga setempat.

"Prinsipnya kalau kalau nanti sudah dibuka (taman), harapan kita masyarakat ikut berpartisipasi menjaga kebersihan dan ketertiban di san" katanya.

Di sisi lain, Winarto menuturkan saat ini 346 taman kota di Jakarta Selatan masih belum dibuka untuk umum.

"Kita menunggu itu, kalau misalnya dibolehkan, kita siap buka dan harus siap dibuka, kalau memang regulasi ketentuannya RTH taman sudah demikian," kata Winarto.

Winarto  mendukung apabila opsi wajib vaksinasi diberlakukan sebagai syarat masuk taman kepada pengunjung.

Menurut dia, hal itu akan berdampak baik bagi warga yang melakukan aktivitas di taman apabila sudah dibuka nantinya.
Baca juga: Pembukaan taman kota di Jaksel tunggu keputusan Pemprov

Baca juga: Pemkot Jakbar bangun dua taman sebagai fasilitas wisata warga

Baca juga: DKI berencana sulap taman dekat Terminal Grogol jadi kios UMKM



 

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021