Diterjang longsor, Jalinsum Padang-Solok lumpuh total

id Longsor Padang Solok Macet,sumbar,bencana

Diterjang longsor, Jalinsum Padang-Solok lumpuh total

Antrean kendaraan akibat longsor di kawasan Lubuak Paraku, Kecamatan Lubuak Kilangan, pada Jumat (24/9) malam. ANTARA/Ikhwan Wahyudi

Padang (ANTARA) - Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang menghubungkan Padang-Solok, Sumatera Barat lumpuh total akibat longsor yang terjadi di kawasan Lubuak Paraku, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Jumat malam sekitar pukul 18.00 WIB.

"Hingga saat pukul 19.20 WIB arus lalu lintas masih lumpuh total di dua arah, baik arus menuju ke Padang ataupun menuju ke Solok," kata Kepala Kepolisian Sektor Lubuk Kilangan AKP Lija Nesmon, di Padang, Jumat.

Akibat kejadian tersebut antrean panjang kendaraan "mengular" di kawasan setempat karena badan jalan tertutup oleh material longsor.

"Material longsor berupa tanah dan batu menimbun jalan, sehingga memang tidak bisa dilewati sama sekali," katanya.

Ia menjelaskan dirinya telah menjalin komunikasi dengan PT Semen Padang untuk penggunaan alat berat guna membersihkan material longsor.

"Sudah dikomunikasikan untuk penggunaan alat berat dari PT Semen Padang, saat ini statusnya menunggu alat datang," katanya.

Untuk menghindari penumpukan arus lalu lintas yang lebih parah ke lokasi kejadian, pihak kepolisian telah melakukan penutupan jalan.

"Kami tutup akses mulai dari Simpang Empat By Pass Lubuk Begalung Kota Padang, kendaraan dihentikan di sana," katanya.

Pihak kepolisian belum dapat memastikan kapan akses lalu lintas bisa dibuka kembali karena menunggu pengerjaan alat berat.

Namun demikian personel Kepolisian Sektor Lubuk Begalung telah dikerahkan di lokasi untuk melakukan pengamanan dan pengaturan arus, demikian Lija Nesmon.

Baca juga: Sebuah mobil diterjang longsor di perbatasan Padang-Solok

Baca juga: Diterjang longsor, jalan nasional Kerinci-Padang belum bisa dilewati

Baca juga: Longsor akibatkan jalan Padang-Solok lumpuh total

Baca juga: Jalur Padang-Solok terputus akibat longsor di Sitinjau Lauik

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar