Banda Aceh (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh melepas keberangkatan tim rugbi menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Sekretaris Umum KONI Aceh M Nasir Syamaun mengatakan tim rugbi yang diberangkatkan terdiri dari 12 atlet putra dan 12 atlet putri, serta didampingi pelatih dan ofisial.

"Secara resmi kami melepas keberangkatan tim rugbi Aceh ke PON XX Papua seraya berdoa agar mereka bisa meraih prestasi terbaik dan mempersembahkan medali," kata Nasir di Banda Aceh, Senin.

Ia juga menyampaikan jika Ketua Umum KONI Aceh H Muzakkir Manaf menitipkan salam hangat untuk seluruh atlet dan pelatih rugbi, serta mengharapkan agar mereka berjuang mendapatkan hasil terbaik

"Ketua Umum KONI Aceh Muzakir Manaf berpesan bahwa beliau yakin anak-anak rugbi mampu meraih medali PON XX di Provinsi Papua," ujar Nasir.

Baca juga: Arena rugbi PON Papua rampung, catatkan tiga rekor Muri 

Sebelumnya, Pengurus Provinsi Rugbi Union Indonesia (Pengprov PRUI) Aceh mengaku optimistis tim rugbi, baik putra maupun putri, akan lolos hingga babak final PON Papua.

"Kami optimis tim rugbi Aceh masuk final PON. Optimisme tersebut didasari hasil uji tanding, baik di Aceh maupun di luar Aceh. Uji tanding di Aceh dengan tim lokal dan tim rugbi Kalimantan Selatan," kata Pengprov PRUI Aceh PP Andry Agung.

Sedangkan uji tanding di luar Aceh, sambung dia, tim rugbi Aceh menjajal kekuatan tim rugbi Jawa tengah, tim UTP Salatiga, tim rugbi Yogyakarta dan tim rugbi Papua.

"Dari uji tanding tersebut, kami optimis bisa masuk final PON. Tentu rasa optimis ini juga diimbangi doa dari masyarakat agar tim rugbi Aceh sukses di PON XX Provinsi Papua," tutur Andry.

Baca juga: Tim rugbi Aceh jajaki uji tanding ke Malaysia 

Lebih lanjut, ia mengatakan Aceh meloloskan dua tim rugbi, yaitu tim putra dan tim putri. Tim putra akan menghadapi Papua, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Yogyakarta. Sedangkan tim putri akan berhadapan dengan Papua, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta dan Bali.

Ia pun menilai jika semua lawan yang akan mereka hadapi memiliki kekuatan yang merata.

"Kami berharap doa restu dan dukungan seluruh masyarakat Aceh agar tim rugbi, baik putra maupun putri, dapat meraih medali PON XX Papua," harap Andry.

Rugbi merupakan olahraga dengan bola berbentuk lonjong yang banyak persamaannya dengan sepak bola. Namun, rugbi, selain menggunakan kaki, juga boleh menggunakan tangan. Olahraga ini baru beberapa tahun terakhir dikembangkan di Aceh. 

Baca juga: Gubernur Papua resmikan arena pertandingan rugbi 
Baca juga: Tim rugbi Jabar targetkan capai final pada PON XX Papua 

 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021