Menkes: Puskesmas "Gang Sehat" penting tangani berbagai penyakit

id menkes,puskesmas,gang sehat,kota pontianak,aa

Menkes: Puskesmas

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kedua kiri) meninjau pameran di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (28/9/2021). ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/foc.

Pontianak (ANTARA) - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyatakan kehadiran Puskesmas di Gang Sehat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat cukup penting dalam mencegah atau penanganan berbagai penyakit yang dialami masyarakat setempat.

"Keberadaan Puskesmas, termasuk yang ada di Gang Sehat ini penting dalam menangani penyakit apapun, jangan sampai menyebar," kata Budi Gunadi Sadikin saat mengunjungi Puskesmas Gang Sehat di Pontianak, Selasa.

Baca juga: Menkes bantah kabar mengenai banyak klaster COVID-19 di sekolah

Setelah mengunjungi Puskesmas Gang Sehat, Menkes menilai Puskesmas tersebut cukup bersih dan inovasinya juga cukup bagus dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Pontianak yang telah memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat," ujarnya.

Dia berharap pelayanan yang telah diberikan oleh Puskesmas Gang Sehat bisa menjadi contoh bagi Puskesmas lainnya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan kunjungan kerja Menkes ke Puskesmas Gang Sehat dalam memberikan apresiasi atas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh jajaran Puskesmas ini dengan 20 inovasinya.

"Kedatangan beliau (Menkes) ke Puskesmas Gang Sehat semakin menyemangati kami dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat, apalagi menurut Menkes Puskesmas Gang sehat akan menjadi Puskesmas percontohan bagi Puskesmas lainnya," ujar Edi.

Baca juga: Menkes dorong JKN mengarah pada promotif dan preventif

Baca juga: Reformasi sistem pelayanan kesehatan kunci hadapi pandemi


Dia menambahkan salah satu inovasi Puskesmas Gang Sehat adalah memberikan bantuan beras bermutu bagi ibu hamil, sehingga bayi yang dikandung tidak lahir stunting atau kekurangan gizi.

Edi menyatakan pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pewarta : Andilala
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar