Mataram (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengadakan acara Direksi Mengajar atau kuliah umum di Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat yang diikuti oleh lebih dari 400 peserta secara daring sekaligus memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi universitas itu.

"Kegiatan ini bertujuan mengajak para mahasiswa Universitas Mataram untuk turut berperan aktif dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia," kata Direktur Technologi Informasi Bank Syariah Indonesia Achmad Syafii, melalui keterangan tertulis di Mataram, Selasa.

Saat ini, menurut dia, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam industri halal. Itu tidak lepas dari besarnya jumlah penduduk muslim di Indonesia, yang mencapai 87,2 persen dari jumlah penduduk. Bahkan disebut bila Indonesia memiliki potensi dari industri halal mencapai Rp4.200 triliun.

"Kami mengajak milenial untuk menjadi entrepreneur untuk menciptakan ekosistem ekonomi yang berdasarkan syariah. Bank Syariah Indonesia siap menjadi mitra dan tumpuan untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik," kata Achmad dalam acara yang bertajuk "Perbankan syariah sebagai energi baru ekonomi Indonesia".

Ia juga menyebutkan saat ini BSI memperkuat sinergi dengan pondok pesantren dan masjid serta mushala di Indonesia yang bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas.

Upaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan syariah di Indonesia, yang masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga lain seperti Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Program Direksi Mengajar merupakan agenda rutin dari BSI, untuk memperkuat literasi di kalangan umum dan civitas akademika sekaligus menunjukkan kesiapan BSI untuk berkolaborasi dengan institusi pendidikan di Indonesia.

"Kegiatan itu sekaligus memberikan sarana kepada para Direksi BSI untuk bisa berbagi ilmu mengenai perbankan syariah kepada masyarakat," Achmad.

Selain menyampaikan materi mengenai literasi dan inovasi digital perbankan syariah, BSI juga melakukan penyerahan program beasiswa BSI Scholarship Inspirasi secara simbolis senilai Rp290 juta kepada universitas.

Pemberian beasiswa diwakili oleh Regional CEO BSI Region Office IX Mahendra Nusanto kepada Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Mataram, Agusdin.

BSI Scholarship Inspirasi adalah beasiswa yang ditujukan untuk pemerataan pendidikan bagi mahasiswa prasejahtera.

Dengan adanya program beasiswa ini, diharapkan dapat membentuk pemimpin masa depan umat yang berkarakter, amanah, dan dapat menjadi teladan yang mampu berkontribusi dalam membantu keumatan khususnya di industri ekonomi syariah.

 

Pewarta: Awaludin
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021