Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dukungan armada mobil komunikasi (Komob) berteknologi satelit untuk memfasilitasi komunikasi Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Prokes) selama penyelenggaraan PON XX Papua.

"Dukungan tersebut dikerahkan menuju Posko Subsatgas Kota Jayapura sejak Selasa (28/9)," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdu Muhari dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

BNPB melalui Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan menurunkan personel teknis untuk memastikan jaringan komunikasi di lokasi penyelenggaraan PON XX berjalan baik, khususnya di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Baca juga: Ganip minta perketat prokes dan vaksinasi di lokasi pertandingan PON

Pria yang akrab disapa Aam itu mengatakan dukungan tersebut berawal dari informasi mengenai jaringan komunikasi yang kurang stabil. Situasi tersebut dapat berpotensi menghambat koordinasi dalam mengoptimalkan kegiatan di lapangan terkait prokes selama gelaran PON XX Papua.

"Dukungan yang dapat diberikan komob, antara lain mendukung jaringan internet posko dan membantu kelancaran komunikasi antara posko dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, serta instansi lainnya dengan menggunakan frekuensi radio," ujar dia.

Hal tersebut, lanjutnya, mempermudah koordinasi dan transfer data kepada BPBD, khususnya di Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) atau pemangku kepentingan lain.

Kendala komunikasi terkadang terjadi di lapangan. Hal tersebut tidak terlepas dari kualitas jaringan komunikasi yang kurang stabil. "Oleh karena itu, pengerahan Komob berteknologi satelit ini diharapkan dapat menunjang kebutuhan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) di berbagai situasi bencana," ujar Aam.

Baca juga: BNPB bagikan 5.000 masker di Bandara Internasional Sentani jelang PON

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri pastikan PON Papua berlangsung aman


Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengupayakan kehadiran Komob dalam setiap kejadian bencana maupun acara yang membutuhkan dukungan komunikasi seperti PON XX Papua guna mengantisipasi kendala komunikasi yang bisa terjadi di lapangan saat jaringan internet atau sinyal komunikasi selular terganggu.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021