Papua (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Sub-Satuan Tugas Protokol Kesehatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Kabupaten Jayapura melakukan penguatan protokol kesehatan di Bandara Internasional Sentani dengan membagikan 5.000 masker.

"Program pembagian masker ini sangat bagus dilakukan di sini, apalagi beberapa masyarakat masih ada yang belum memakai masker," kata Duta PON XX Fatma dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman resmi InfoPublik di Papua, Kamis.

Ia mengatakan pembagian masker yang dilakukan oleh para relawan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat setempat. Selain membagikan masker, relawan juga turut serta mengedukasi pendatang maupun masyarakat setempat di kawasan Bandara Internasional Sentani.

Edukasi protokol kesehatan yang disampaikan itu terkait 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Para relawan yang bergabung dari berbagai organisasi ini bertugas membagikan 5.000 masker kain melalui program Gerai Masker," ujar Fatma.

Baca juga: Relawan Mobil Masker gencar bagikan masker jelang PON Papua 
Baca juga: BNPB bagikan 5.000 masker di Bandara Internasional Sentani jelang PON 


Menurut dia, penerapan protokol kesehatan jelang pembukaan PON XX Papua sudah berjalan cukup baik, meski masih ada beberapa yang tidak patuh. Namun program gerai dan mobil masker diharapkan dapat lebih meningkatkan disiplin protokol kesehatan oleh masyarakat.

Selain di Kabupaten Jayapura, BNPB juga telah melakukan penguatan protokol kesehatan di tiga kabupaten dan kota lainnya, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Secara keseluruhan, total masker yang telah dibagikan BNPB untuk penguatan protokol kesehatan menjelang pembukaan pesta olahraga empat tahunan tersebut sejak Minggu (26/9), yaitu sebanyak 189.900 masker. 

Baca juga: Jelang PON, BNPB bagikan 1.500 masker bagi warga Kabupaten Mimika 

Baca juga: Kepala BNPB tinjau persiapan perkuatan prokes jelang PON Papua 

Baca juga: BNPB ajak warga Papua pakai masker sukseskan PON XX 

 

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021