Pemerintah berharap keikutsertaan Indonesia di ajang Expo 2020 Dubai dapat memberikan manfaat yang optimal bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia.
Dubai, UEA (ANTARA) - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan partisipasi Indonesia pada gelaran Expo 2020 Dubai yang berlangsung mulai 1 Oktober 2021 sampai 31 Maret 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), berpotensi mendorong ekonomi nasional.

“Pemerintah berharap keikutsertaan Indonesia di ajang Expo 2020 Dubai dapat memberikan manfaat yang optimal bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Paviliun Indonesia akan menghadirkan kekuatan dan citra bangsa di Expo 2020 Dubai dengan menampilkan potensi, kontribusi, dan komitmen di bidang perdagangan, investasi, serta pariwisata bagi dunia.

Baca juga: Paviliun Indonesia siap beraksi di Expo 2020 Dubai

Paviliun Indonesia ini mengusung konsep Connecting Yesterday, Today and Tomorrow sehingga menampilkan perjalanan sejarah serta peran penting Indonesia di kancah internasional.

Pembukaan Paviliun Indonesia sendiri akan diresmikan bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis pada Jumat (1/10) di Dubai, UEA.

Pembukaan ini akan diawali dengan pertunjukan seni budaya, tari-tarian, dan lagu-lagu yang mewakili beragam daerah di Indonesia.

Seluruh pertunjukan akan tampil di panggung luar ruangan atau outdoor Paviliun Indonesia yang disaksikan langsung oleh tamu undangan serta pengunjung Expo 2020 Dubai.

Baca juga: Emirates hadirkan banyak potensi kunjungi Dubai dan Expo 2020

Pertunjukan tersebut sekaligus menandai ajakan untuk mengunjungi Paviliun Indonesia dan merasakan langsung cerita serta potensi negeri yang dikemas apik dalam tiga area pameran dan lima area kegiatan.

Tiga zona di Paviliun Indonesia meliputi Yesterday, Today, dan Tomorrow yang menggambarkan Indonesia di masa lalu, saat ini, hingga kesiapan masa depan.

Rencananya, Lutfi akan berada di Dubai untuk menghadiri secara langsung pembukaan Paviliun Indonesia dan dilanjutkan bertemu dengan Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Persatuan UAE Thani bin Ahmed Al Zeyoudi pada 2 Oktober 2021.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021