Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Jepang kehilangan keuntungan awal menjadi berakhir lebih rendah pada Senin, karena kekhawatiran atas krisis utang China Evergrande melebihi isyarat positif dari penutupan yang kuat di Wall Street.

Sementara perdana menteri baru Jepang menyerukan untuk pemilihan lebih cepat dari yang diperkirakan.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo merosot 1,13 persen atau 326,18 poin menjadi ditutup pada 28.444,89 poin, dengan saham teknologi dan jasa pengiriman memimpin penurunan. Di awal sesi, indeks acuan naik sebanyak 1,16 persen setelah lima sesi kerugian berturut-turut.

Sementara itu, indeks Topix yang lebih luas kehilangan 0,62 atau 12,39 persen menjadi menetap di 1.973,92 poin.

“Pasar mulai jatuh segera setelah mencapai level tertinggi untuk sesi ini. Ini adalah langkah khas ketika tekanan jual kuat,” kata Tomoichiro Kubota, analis pasar senior di Matsui Securities.

“Pasar menghadapi kesulitan tiga kali lipat sekarang, dengan tanda-tanda perlambatan ekonomi China dan masalah anggaran AS. Juga, kami tidak dapat mengharapkan kebijakan moneter serupa dari kabinet baru Jepang seperti yang kami miliki di bawah Abenomics.”

Krisis utang Evergrande terus menimbulkan keraguan atas pertumbuhan ekonomi China, sementara nasib rancangan undang-undang pengeluaran utama Pemerintah Biden belum jelas.

Di Jepang, Fumio Kishida secara resmi mengambil alih sebagai perdana menteri ke-100 pada Senin, tetapi penyiar publik NHK mengatakan dia akan membubarkan badan tersebut minggu depan dan mengadakan pemilihan pada 31 Oktober.

Anggota kabinet barunya akan diumumkan hari ini tetapi sejauh ini, Kishida gagal membuat investor terkesan, kata pelaku pasar.

Pembuat peralatan pembuat chip Tokyo Electron menyeret Nikkei paling banyak, dengan penurunan 3,6 persen. Investor start-up teknologi SoftBank Group jatuh 2,52 persen dan pembuat robot Fanuc kehilangan 4,31 persen.

Sektor jasa pengiriman anjlok 7,6 persen, dengan Kawasaki Kisen dan Nippon Yusen masing-masing kehilangan 8,42 persen dan 8,07 persen.

Operator department store naik setelah Jepang mencabut tindakan darurat COVID-19 minggu lalu, dengan Isetan Mitsukoshi Holdings melonjak 5,04 persen dan J.Front Retailing terangkat 5,34 persen.

Maskapai penerbangan dan kereta api memimpin kenaikan di antara 33 subindeks industri bursa, masing-masing meningkat 2,39 persen dan 2,19 persen.

Baca juga: Saham Jepang balikkan kenaikan awal jelang pembentukan pemerintah baru
Baca juga: Saham Jepang jatuh ke terendah 1 bulan di tengah kekhawatiran pasokan
Baca juga: Saham Jepang merosot ke terendah 1 bulan tertekan kekhawatiran pasokan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021