Paviliun Indonesia juga menampilkan karakter dari bangsa kita yang sangat majemuk, plural, dan beragam dengan panduan-panduan visualisasi yang baik
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab (UEA) berhasil menarik hampir 11.000 pengunjung sejak diresmikan pada 1 Oktober 2021 hingga 5 Oktober 2021.

"Antusiasmenya sangat luar biasa. Sebelum Dubai Expo digelar, kami terlibat aktif untuk melihat, memantau, mengobservasi, dan mempersiapkan rangkaian seluruh acara. Jadi kami mempersiapkannya secara matang," kata Wamendag Jerry Sambuaga saat menghadiri seminar web bertajuk Expo 2020 Dubai: Etalase Indonesia di Kancah Dunia, Kamis.

Wamendag Jerry memaparkan dengan luas hampir mencapai 2.000 meter persegi, Paviliun Indonesia didesain dengan tatanan yang menarik dan sangat apik.

"Paviliun Indonesia juga menampilkan karakter dari bangsa kita yang sangat majemuk, plural, dan beragam dengan panduan-panduan visualisasi yang baik," kata Wamendag Jerry.

Baca juga: UKM Indonesia di Dubai Expo 2020 disebut untuk unjuk potensi

Dari semua booth dan ornamen yang ditampilkan, sangat terlihat citra Indonesia sebagai bangsa yang memiliki aset potensial dan luar biasa.

"Kita menekankan selain kerajinan dan kebudayaan, kita juga mempromosikan kawasan industri, termasuk destinasi super prioritas," ujar Wamendag Jerry.

Tentunya, lanjut dia,  hal tersebut dilakukan untuk tidak hanya sekedar memperlihatkan, tetapi juga mempromosikan, serta memberi informasi komprehensif bahwa Indonesia memiliki produk-produk berkualitas, termasuk produk yang dibuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Satu tampilan yang menurut Wamendag Jerry cukup menarik perhatian pengunjung adalah rempah-rempah khas Indonesia yang tertanam dalam kotak bening, sehingga terlihat jelas tekstur dan rupanya, sehingga pengunjung bisa semakin mengenal potensi rempah-rempah Tanah Air.

Ia optimistis dengan waktu pameran selama enam bulan, Paviliun Indonesia akan semakin banyak menyerap perhatian para pengunjung dan calon pembeli asing untuk melihat potensi bisnis di Indonesia, sehingga kelak bisa meningkatkan ekspor Indonesia ke berbagai negara.

"Saya yakin jumlah pengunjung akan bertambah terus, apalagi ini enam bulan. Satu hal membanggakan karena bisa sejajar dengan 191 negara lainnya di dunia dalam ajang itu," ujar Wamendag Jerry.

Baca juga: Mendag: RI berpeluang raih investasi lewat World Expo 2020 Dubai

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021