Timika (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyatakan optimistis bahwa kontingen Provinsi Papua mampu melampaui target perolehan medali emas pada PON XX.

"Saya sangat yakin Papua mampu melampaui target yang ditetapkan oleh Pemprov dan KONI Papua yaitu masuk lima besar peraih medali emas terbanyak PON XX," kata Irjen Fakhiri di Timika, Sabtu.

Irjen Mathius Fakhiri sendiri dipercayakan sebagai Ketua Kontingen Provinsi Papua dalam perhelatan PON XX.

Baca juga: Tuan rumah kawinkan emas motorcross beregu PON Papua

Di sela-sela kesibukan tugasnya, Irjen Fakhiri mengaku menyempatkan waktu mengunjungi semua kota klaster penyelenggara PON XX Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

"Saya harus datang melihat anak-anak saya bertanding. Saya berharap mereka bisa tampil maksimal dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya untuk bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia olahraga di Provinsi Papua," kata Irjen Fakhiri yang merupakan putra asli Papua itu.

Pada Sabtu siang, Irjen Fakhiri mengunjungi arena cabang olahraga aerosport disiplin aeromodeling di Jalan Poros SP2-SP5 Timika.

Kesempatan itu dimanfaatkan Irjen Fakhiri untuk menemui para atlet Papua yang telah dan sementara bertanding.

Sejauh ini kontingen Papua tampil sebagai pengumpul medali terbanyak di cabang aeromodeling bersama-sama dengan kontingen Provinsi Jawa Timur dengan perolehan tiga medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu.

Baca juga: Disaksikan Gubernur Lukas Enembe, petinju tuan rumah capai semifinal

Prestasi yang ditorehkan para atlet Papua di cabang aeromodeling tersebut mendapatkan apresiasi tinggi dari Irjen Fakhiri.

"Saya senang karena aeromodeling merupakan olahraga yang cukup langka bagi kita di Papua, tapi atlet-atlet kita dimana di dalamnya ada anak-anak Papua mampu meraih medali. Ini satu kemajuan luar biasa yang harus kita apresiasi," ujarnya.

Irjen Fakhiri mengatakan Pemprov dan KONI Papua menargetkan cabang aeromodeling mampu mendulang tiga medali emas, dan hingga hari ke-6 penyelenggaraan pertandingan itu kontingen tuan rumah Papua sudah mendulang tiga medali emas.

"Saya berharap aeromodeling bisa over target untuk bisa mengkatrol perolehan medali kontingen Provinsi Papua. Paling tidak mereka mencapai target yang diberikan oleh Pemprov dan KONI Papua," ujarnya.

Hingga Sabtu petang ini, kontingen Jawa Barat masih berada di puncak daftar perolehan medali sementara PON XX Papua.

Di tempat kedua dan ketiga, kontingen tuan rumah Papua dan DKI Jakarta terus bersaing ketat, disusul kontingen Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Jawa Barat geser tuan rumah di klasemen perolehan medali
 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021