Jakarta (ANTARA) - Vokalis dan gitaris grup band DAY6, Young K, menjadi idola K-pop pertama yang bergabung dengan Korean Augmentation To the United States Army (KATUSA) untuk wajib militernya.

Menurut label JYP Entertainment, ia akan mendaftar pada Selasa dan menjalani pelatihan dasar militer selama lima pekan sebelum ditugaskan ke sebuah unit.

Baca juga: Ditinggal Young K DAY6, "Kiss the Radio" bakal dipandu SKZ hingga TXT

“Saya ingin menggunakan waktu saya dengan bijak saat menjalankan tugas saya. Saya harap saya bisa memainkan konser langsung di depan orang banyak begitu saya kembali,” kata laki-laki bernama asli Kang Young-hyun itu melalui agensinya, dikutip dari The Korea Times pada Selasa.

Persaingan untuk bergabung dengan KATUSA yang dikenal dengan perlakuan yang lebih baik terhadap tentara sangat ketat, dengan hanya sekitar 2.000 orang yang dipilih setiap tahun.

Semua laki-laki berbadan sehat berusia antara 18 dan 28 tahun harus memenuhi nilai minimum yang dipersyaratkan pada tes kecakapan bahasa Inggris, seperti TOEIC, TEPS, dan TOEFL untuk memenuhi syarat untuk mendaftar.

Young K yang pernah bersekolah menengah pertama di Kanada dan belajar manajemen bisnis di Dongguk University, diketahui meraih nilai TOEIC dan TOEFL yang tinggi. Dia sebelumnya mengungkapkan bahwa ayahnya juga anggota KATUSA.

Young K adalah anggota DAY6 kedua yang memulai tugas militernya, setelah Sungjin, yang mendaftar pada bulan Maret. Vokalis dan gitaris ini akan menyelesaikan wajib militernya pada April 2023.

Young K debut sebagai anggota DAY6 pada tahun 2015 dengan EP “The Day”. Setelah merilis serangkaian hits, seperti “Congratulations” (2015) dan “Sweet Chaos” (2019), sebagai bagian dari DAY6, ia juga merilis mini album solo pertamanya “Eternal” pada bulan September.


Baca juga: Dowoon DAY6 tunjukkan sisi tenang lewat foto konsep debut solonya

Baca juga: Dowoon DAY6 siap debut solo akhir bulan ini

Baca juga: Young K DAY6 bicara album solo "Eternal" dan KATUSA

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021