Jayapura (ANTARA) - Atlet selam laut Suci Istuni berhasil menyumbang emas untuk DKI Jakarta pada nomor Orientasi Bawah Air (OBA) M Course putri padahal baru pertama kali mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Perasaannya tidak bisa diucapkan dengan kata-kata, sangat bersyukur sekali, karena ini pengalaman yang sangat luar biasa, pertama kali ikut selam dan bisa mendapatkan emas itu sangat luar biasa," kata Suci kepada ANTARA usai upacara pengalungan medali PON XX Papua di Teluk Yos Sudarso, Jayapura, Rabu.

Suci mengungkapkan bahwa dia harus melewati persiapan diri yang panjang untuk memenangkan nomor tersebut. Dimulai pada 2017, atlet berusia 24 tahun itu tetap berlatih meski PON ditunda selama satu tahun karena pandemi.

Mendekati PON yang akhirnya digelar Oktober 2021, Suci menjalani latihan terpusat selama tiga bulan terakhir, kemudian berlatih di arena pertandingan selama dua pekan.

Selain cuaca panas, arus bawah yang tidak dapat diprediksi menjadi tantangan bagi Suci untuk menyelesaikan tiga rambu.

Baca juga: Bonus Rp2 miliar menanti atlet selam Papua: buat beli rumah

"Kita yakin dengan feeling kalau main di sini, tapi Alhamdulillah karena ada pelatih yang mendukung kita," kata Suci yang pernah meraih perunggu dalam Pekan Olahraga Angkatan Laut.

"Arus bawah tidak ada yang memprediksi, alhamdulillah saya diberi kemudahan dan ketepatan jadi saya masuk ke rambu finis dengan batas waktu cuma kurang enam detik," sambung dia.

Suci finis dengan membukukan waktu 15:14,06 dengan nilai rambu 501 dan nilai deviasi 690. Memiliki total nilai 1191, Suci berada pada urutan pertama mengungguli wakil Papua Barat Trully Tarodi yang mencatatkan total nilai 500 untuk berhasil meraih medali perak.

"Lumayan perjalanannya selama COVID kita TC begitu panjang dan akhirnya bisa dapat hasil," ujar Trully saat ditanyai mengenai persiapannya mengikuti PON Papua.

Sementara itu, wakil Bali Dwi Marista Kartikasari berhasil membawa pulang medali perunggu dengan mencatatkan total nilai 250.

Cabang olahraga selam laut mempertandingkan total delapan nomor yang bergulir selama empat hari, mulai Senin 11 Oktober hingga Kamis 14 Oktober.

Baca juga: Sempat alami kram, Alexander berhasil sabet emas selam laut untuk DKI

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021