Saya masih tidak menyangka akan mengalahkan senior-senior seperti itu, tadi juga lompatan saya semaksimal mungkin
Mimika (ANTARA) - Atlet Bali Ni Made Eppi Wilantika memenangi medali emas pertamanya di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua melalui nomor lompat tinggi putri cabang olahraga atletik.

Pada pertandingan yang dimainkan di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua, Rabu, Eppi berhasil menyabet emas usai mencatat lompatan setinggi 174 cm.

Eppi sebenarnya memiliki catatan ketinggian yang sama dengan peraih medali perak asal Jawa Barat Ika Puspa Dewi, yakni 174 cm.

Baca juga: Ketut Mertayasa tak terkejar saat rebut emas 800 meter putra PON Papua

Meski demikian, berdasarkan peraturan tiebreak lompat tinggi, Eppi dinyatakan menjadi pemenang karena memiliki kesalahan (miss) yang lebih sedikit.

Eppi berhasil dalam percobaan pertamanya pada ketinggian 174 cm, sedangkan Ika Puspa tercatat satu kali gagal dan satu kali berhasil.

Sementara itu, medali perunggu jatuh ke pelukan atlet DKI Jakarta Nadia Anggraini yang mencatatkan lompatan setinggi 164 cm.

Rekor PON nomor lompat tinggi putri masih dipegang Nadia dengan lompatan setinggi 178 cm yang dicetak pada PON XIX Jawa Barat 2016.

Eppi tidak dapat menutupi kegembiraannya usai berhasil meraih medali emas dalam keikutsertaan perdananya di PON.

Baca juga: Medali emas lempar cakram putri jadi milik atlet Jabar Tresna Puspita

“Saya masih tidak menyangka akan mengalahkan senior-senior seperti itu, tadi juga lompatan saya semaksimal mungkin,” ucap mahasiswi salah satu universitas swasta di Bali tersebut.

Lompatan setinggi 174 cm juga diakui Eppi merupakan catatan lompatan terbaiknya. Eppi menyebut sebelum tampil di PON catatan lompatan terbaiknya adalah 168 cm.

Sumbangan medali dari Eppi membuat Bali total telah mendulang empat medali emas dari cabang olahraga atletik pada PON kali ini.

Dengan rincian dua medali emas dari Maria Natalia Londa melalui nomor lompat jauh dan lompat jangkit putri, serta dari Ketut Mertayasa di nomor lari 800 meter putra.

Baca juga: Maria Londa belum terkalahkan di lompat jangkit PON Papua
Baca juga: Di bawah guyuran hujan Maria Londa sabet medali emas lompat jauh putri

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021