32 pengungsi banjir di Kabupaten PPU kembali ke rumah

id Pengungsi, banjir, kabupaten, PPU, kembali, rumah

32 pengungsi banjir di Kabupaten PPU kembali ke rumah

Tim kesehatan bersama PMI PPU melakukan pemeriksaan kesehatan warga yang mengungsi ke Gedung Serba Guna Desa Sumber Sari, Kamis. (Ist/ BPBD PPU)

Babulu, Kaltim (ANTARA) - Sebanyak 32 pengungsi yang rumahnya sempat terendam banjir di Desa Sumber Sari, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur dalam enam hari terakhir, sudah kembali ke rumah karena muka air sudah menurun.

"Total warga terdampak banjir 1.545 orang. Dari jumlah ini, warga yang mengungsi 126 jiwa, sedangkan yang sudah kembali ke rumah ada 32 orang," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU Nurlaila di Babulu, Kamis.

Baca juga: Warga terdampak banjir Kabupaten PPU bertambah menjadi 1.545 jiwa

32 pengungsian yang sudah kembali ke rumah tersebut terdiri atas 10 kepala keluarga (KK) yang tersebar di sejumlah RT. Mereka kembali karena rumahnya tidak lagi terendam air. Dengan demikian, pengungsi yang masih bertahan ada 94 orang yang tersebar di sejumlah lokasi, seperti di tempat keluarga sebanyak 19 KK (60 jiwa).

Kemudian yang mengungsi ke Gedung Serba Guna Desa Sumber Sari ada 7 KK (25 jiwa) dan di Pusban Desa Sumber Sari 2 KK (9 jiwa).

Nurlaila mengatakan hingga saat ini tim gabungan, bahkan relawan terus melakukan penanganan seperti pengecekan kondisi di pengungsian Posyandu dan di Gedung Serba Guna, pengecekan tinggi muka air (TMA) dan rumah warga.

Pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga terdampak banjir, pendistribusian bantuan logistik berupa makanan dan kebutuhan lain untuk pengungsi maupun yang tidak mengungsi, pemenuhan kebutuhan pengungsi yang baru melahirkan di RT 16.

Penerimaan bantuan logistik bagi korban terdampak, pengantaran pengungsi dari Gedung Serba Guna ke rumah warga, pengecekan kesehatan warga, pemberian selimut kepada lansia terdampak banjir di pos pengungsian pada Gedung Serba Guna.

Baca juga: 77 korban banjir di Kabupaten PPU telah mengungsi

Baca juga: 658 warga Babulu Kaltim terdampak banjir kiriman


Untuk TMA, lanjut Lala, panggilan akrabnya, secara umum di wilayah terdampak banjir hari ini mengalami penurunan, antara lain di RT 01 dengan TMA di halaman turun 20 cm, RT 02 turun 10 cm menjadi 15 cm.

"RT 03 dan 04 turun 10 cm menjadi 20 cm, RT 05 turun 20 cm menjadi 25 cm, RT 06 turun 10 cm menjadi 20 cm, RT 07 turun 8 cm menjadi 5 cm, RT 08 turun 5 cm menjadi 25 cm, dan RT 09 TMA di dalam rumah turun 8 cm menjadi 12 cm," ujarnya.

Pewarta : M.Ghofar
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar