Gresik, Jatim (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya kembali membuka rute perjalanan kereta api barang dari Stasiun Indro Kabupaten Gresik, Jatim menuju Stasiun Pasoso Jakarta, yang beberapa tahun sempat berhenti.

Direktur Niaga PT KAI, Dadan Rudiansyah di Gresik, Jumat mengatakan pembukaan rute KA barang ini sebagai upaya meningkatkan angkutan barang di Jawa Timur.

Ia mengatakan, Angkutan Barang Petikemas Relasi Stasiun Indro ke Stasiun Pasoso Jakarta diberi nama INDOPRIUK CARGO yang diambil dari Relasi dan jenis angkutannya.

"Kami informasikan bahwa angkutan barang ini sudah melalui uji coba operasi mulai dari tanggal 11 Oktober 2021 dan akan menempuh perjalanan kurang lebih 797.9 Km dengan waktu tempuh sekitar 14 jam. Rangkaian KA Barang ini sebanyak 30 gerbong datar bermuatan multikomoditi dengan berat 1200 ton," katanya.

Dadan mengatakan, peluncuran angkutan barang ini merupakan tindak lanjut perjanjian kerja sama angkutan barang antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Damar Alam Selaras (DAS).

"Peluncuran sore hari ini juga merupakan kebangkitan kembali angkutan barang yang pernah beroperasi dengan keberangkatan dari Stasiun Indro beberapa tahun yang lalu yang sempat berhenti," katanya.

Ia menargetkan, angkutan barang ini untuk tiga bulan pertama diharapkan bisa mengangkut 650 Teus dan kemudian mengangkut 750 teus.

"Menimbang bahwa Gresik ini merupakan kota industri yang mempunyai potensi angkutan barang yang bagus, sehingga harapan angkutan ke depannya bisa minimum mencapai 1550 teus per bulan," katanya.

Sementara itu, secara umum sampai Oktober 2021, PT KAI Daop 8 telah menggangkut 1.717.074 Ton barang dan melakukan pengiriman ke Jakarta, Bandung dan kota besar lainnya.

Jenis angkutan barang yang saat ini dilayani PT KAI di antaranya angkutan BBM, Semen, Kontainer/Petikemas, Retail yang dilayani di Stasiun Kalimas, Benteng, Pasarturi, Malang, dan Surabaya Kota.

"Semoga dengan terlaksana dan beroperasinya angkutan barang INDOPRIUK CARGO dapat memberikan dampak positif bagi para stakeholders, masyakarat, Industri, pemerintah setempat dan Penyedia Jasa Logistik lainnya," kata Dadan.


Baca juga: KAI luncurkan KA Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen

Baca juga: KA Ranggajati beroperasi kembali setiap akhir pekan

Baca juga: Dua KA lokal jalur lintas utara kembali dioperasikan

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021