Ternate, Maluku Utara (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy meresmikan kompleks pekuburan warga Minang di Ternate, Maluku Utara di sela mengikuti pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI/2021 di daerah itu, Sabtu.

Perkuburan bagi warga Maluku Utara keturunan Minang itu, diberi nama Bukit Minang di Kota Ternate.

"Saya merasa bangga pada warga Minang Maluku Utara sekaligus menyampaikan ungkapan apresiasi yang tinggi kepada Wali Kota Ternate yang sudah mendukung keberadaan orang Minang di Ternate selama ini," kata dia.

Ia menyampaikan terima kasih pada Wali Kota Ternate yang sudah mengeluarkan izin sehingga Bukit Minang bisa dijadikan perkuburan masyarakat Minang di daerah itu.

"Ini juga wujud persatuan yang kuat ditunjukkan oleh Ikatan Keluarga Minang Maluku, saya bangga sekali," ujar Audy.

Baca juga: Wagub Sumatera Barat motivasi kafilah Sumbar di STQ 2021 di Sofifi

Wali Kota Ternate Tauhid Soleman menilai Ikatan Keluarga Minang di Maluku selama ini selalu mendukung program Pemerintah Kota Ternate untuk memajukan daerah setempat.

"Bahkan dari sisi ekonomi, keberadaan orang Minang membantu sekali," kata dia.

Ia menilai orang Minang di Ternate sejak kecil sudah berbaur dengan masyarakat setempat, sedangkan ketika membuat pekuburan sudah melekat serta sudah diakui sebagai orang Ternate keturunan Minang.

Ketua DPW Ikatan Keluarga Minang Maluku Utara Ismi Anas menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wagub Sumatera Barat Audy Joinaldy di Ternate dan meresmikan Bukit Minang.

Keberadaan Bukit Minang tidak terlepas dari dukungan pemerintah serta sumbangsih para anggota IKM Provinsi Maluku Utara yang rata-rata bekerja sebagai pedagang.

"Para pendahulu IKM sudah membina dan saling bahu-membahu, dimulai dalam pembuatan mushala, lalu dibuat masjid yang diberi nama Masjid Imam Bonjol dan sekarang sudah terwujud pandam pekuburan orang Minang seluas satu hektare," kata dia.

Turut hadir mendampingi Wagub Sumatera Barat Audy Joinaldy dalam kegiatan itu, antara lain Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah Pemprov Sumbar Syaifullah Salim dan Sekretaris LPTQ Sumbar Mulyadi Muslim.

Baca juga: Menteri Agama buka STQ Nasional di Sofifi
Baca juga: Kafilah STQN Sumbar rampungkan persiapan jelang laga di Maluku Utara
Baca juga: Kafilah Sumbar targetkan lima besar di STQ Nasional 2021 Maluku Utara

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021