DPRA: Kapal Aceh Hebat 2 mudahkan wisatawan ke Sabang

id Aceh,DPRA,Sabang,Kapal Aceh Hebat,wisatawan,wisata bahari

DPRA: Kapal Aceh Hebat 2 mudahkan wisatawan ke Sabang

Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin (pakai jacket) saat melakukan inspeksi mendadak Kapal Aceh Hebat 2, di Sabang, Sabtu (16/10/2021). ANTARA/Rahmat Fajri

Banda Aceh (ANTARA) - Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin menyatakan bahwa kapal Aceh Hebat 2 rute Banda Aceh menuju Sabang sangat membantu wisatawan yang ingin berkunjung ke daerah paling ujung barat Indonesia itu.

"Kapal Aceh Hebat 2 ini cukup membantu wisatawan, dan ini sangat mendukung kemajuan pariwisata di Sabang," kata Safaruddin, di Banda Aceh, Sabtu.

Hal itu disampaikan Safaruddin ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) pengoperasian kapal Aceh Hebat 2 saat menuju ke Sabang.

Safaruddin mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya dari wakil kapten kapal Andi Permadi bahwa kapal yang dibeli dengan uang rakyat Aceh itu memiliki teknologi canggih dan terbaru, sehingga memudahkan penyeberangan.

Selain itu, kata Safaruddin, perjalanan kapal ini menuju Sabang juga lebih cepat ketimbang kapal lainnya seperti BRR dan sejenisnya yang memakan waktu sekitar dua jam lebih, dan keberangkatannya juga sampai lima kali dalam sehari.

"Kapal Aceh Hebat 2 ini bergerak dengan kecepatan sampai 12 knot, bisa memangkas waktu sampai 30 menit dari kapal lainnya atau berdurasi satu jam setengah," ujar politikus muda Gerindra itu.

Dalam kesempatan ini, Safaruddin juga menuturkan, dengan adanya kemudahan transportasi menuju Sabang ini, maka diharapkan bisa menarik investor ke Sabang, sehingga dunia pariwisata bahari Sabang semakin berkembang ke depannya.

"Ini mendukung peningkatan kunjungan wisatawan, kita berharap banyak investor yang berminat berinvestasi ke Sabang, apalagi transportasinya sudah lebih baik dari sebelumnya," katanya.

Selain itu, Safaruddin juga menyinggung soal peristiwa kapal Aceh Hebat 2 yang sempat kemasukan air saat dilanda hujan, sehingga heboh dan viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Berdasarkan keterangan wakil kapten kapal, lanjut Safaruddin, peristiwa tersebut hanya karena adanya kebocoran pada atap kapal, sehingga airnya masuk ke dalam. Namun, sekarang sudah pada proses perbaikan.

"Kita minta ini segera diperbaiki secepat mungkin, dan jangan sampai permasalahan ini kembali terulang, jangan sia-sia kan uang rakyat," demikian Safaruddin.

Pemerintah Aceh membeli tiga kapal penumpang jenis roll on roll (ro-ro) dengan anggaran sebesar Rp178 miliar. Kapal yang diberi nama Aceh Hebat tersebut sebagai transportasi antarpulau di Aceh.

Kapal Aceh Hebat 1 beroperasi dari Kabupaten Aceh Barat menuju Kota Sinabang Kabupaten Simeulue. Kemudian, Aceh Hebat 2 berlayar dari Banda Aceh ke Kota Sabang, dan Aceh Hebat 3 melewati Aceh Singkil menuju Kepulauan Banyak kabupaten setempat.

Baca juga: Desa Aneuk Laot Sabang masuk lima besar nasional BCA Desa Wisata Award

Baca juga: Penginapan di Sabang penuh dipesan warga berlibur akhir tahun

Baca juga: Sabang perketat protokol kesehatan COVID-19 hadapi libur akhir tahun

Baca juga: Sabang mulai terima wisatawan, surat bebas COVID-19 tetap berlaku

 

Pewarta : Rahmat Fajri
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar