Perwakilan Kemendagri tinjau Pilkades serentak 170 desa di Purwakarta

id pilkades serentak,kemendagri,purwakarta jabar

Perwakilan Kemendagri tinjau Pilkades serentak 170 desa di Purwakarta

Pilkades serentak di Purwakarta. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

Purwakarta (ANTARA) - Dirjen Binapemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 170 desa di sekitar Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu.

"Kami melakukan pemantauan untuk memastikan pelaksanaan Pilkades serentak di Purwakarta berjalan lancar, aman dengan penerapan disiplin protokol kesehatan," kata Yusharto, di Purwakarta, Sabtu.

Ia mengatakan dari pengamatan melalui laporan, berikut instrumen yang sudah disiapkan oleh Pemkab Purwakarta, bahwa sudah ada kesesuaian dan konsistensi antara laporan dengan di lapangan.

Menurut dia, pelaksanaan Pilkades serentak di Purwakarta saat ini sudah sesuai dengan Permendagri 72 Tahun 2020, dimana penerapan protokol kesehatan COVID-19 sudah diterapkan dengan baik.

Baca juga: Kemendagri pastikan pilkades 170 desa di Purwakarta terapkan prokes

Baca juga: Mencermati Pilkades di Kabupaten Purwakarta


"Berdasarkan pantauan di lapangan, pelaksanaan Pilkades serentak yang digelar di masa pandemi sudah dilaksanakan dengan baik," katanya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berharap pelaksanaan Pilkades serentak di 170 desa di Purwakarta mulai pemungutan suara hingga pelantikan kepala desa terpilih bisa berjalan dengan dan aman dan lancar.

Menurut dia, pelaksanaan Pilkades serentak ini telah dipersiapkan secara matang dan terkoordinasi khususnya dalam hal pengamanan yang melibatkan berbagai pihak terutama unsur Pemda dengan TNI dan Polri.

"Selain upaya pencegahan pada hal-hal yang mengarah pada konflik dan sengketa Pilkades, kita juga mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin sehingga segala potensi penyebaran pandemi COVID-19 bisa diminimalisir," katanya.*

Baca juga: 602 orang mendaftar sebagai kepala desa di Pilkades Purwakarta

Pewarta : M.Ali Khumaini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar