Jadi kita harus siapkan atletnya dari sekarang. Kita tidak mau main curang untuk dapat emas
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor B Laiskodat menginginkan agar pada tahun 2028 provinsi berbasis kepulauan itu menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Kita mau itu 2028 PON ada di NTT. Artinya NTT jadi tuan rumah PON," katanya di hadapan belasan atlet dan pelatih PON XX Papua saat menerima kedatangan kontingen PON XX Papua Provinsi NTT di Aula El Tari Kupang, Senin.

Menurut orang nomor satu di NTT itu, jika NTT menjadi tuan rumah maka sejumlah atlet sudah harus disiapkan mulai sekarang sehingga kelak bisa berprestasi.

Baca juga: Pemprov NTT beri bonus atlet PON Papua mencapai Rp6,5 miliar

Selain itu ujar dia agar jika menjadi tuan rumah, tidak ada kata permainan kotor atau curang dalam setiap pertandingan agar bisa mendapatkan medali.

"Jadi kita harus siapkan atletnya dari sekarang. Kita tidak mau main curang untuk dapat emas," ujar dia.

Gubernur NTT mengatakan bahwa dirinya paling membenci daerah yang main curang untuk dapatkan medali, karena itu dirinya tak ingin hal itu terjadi di NTT.

"Itu artinya mempermalukan diri sendiri, karena sudah kalah tetapi main curang untuk dapat medali," tambah politisi Nasdem itu.

Ia pun mengatakan bahwa berapapun medali yang diperoleh tuan rumah, jika dia tidak fair maka pasti akan menjadi bahwa omongan, karena itu ia memastikan NTT tidak akan seperti itu.

Baca juga: NTT catat perolehan 24 medali di PON XX Papua

Sementara itu Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi mengatakan bahwa, sudah pasti nanti NTT akan menjadi tuan rumah pada tahun 2028 nanti, karena tema PONnya adalah lebih pada nasionalisme.

"Kali ini di Papua di Merauke, kemudian nanti ke Sabang di Aceh, lalu akan Sangir Talaut di Sulawesi Utara dan Rote di NTT," ujar dia.

Oleh karena itu tambah dia, nantinya pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menyiapkan venue dan perlengkapann lainnya dari jauh-jauh hari.

Selain itu juga para atlet akan disiapkan mulai saat ini sehingga matang dan siap bertanding saat NTT jadi tuan rumah.

Baca juga: BRI Kupang beri apresiasi atlet NTT peraih medali pada PON XX Papua


 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021