Wapres meminta MES berperan penting mengedukasi santri

id Wapres,Ma'ruf Amin,Hari Santri Nasional,MES,santri

Wapres meminta MES berperan penting mengedukasi santri

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan pidato dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Istana Negara Jakarta, Jumat (22/10/2021). ANTARA/HO-Setwapres.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) memiliki peran penting dalam mengedukasi para santri di Indonesia untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional.

"Peran MES sangat krusial dan penting dalam upaya edukasi dan inklusi, yang memberikan kesempatan bagi para santri berkembang memperluas kontribusinya dalam koridor ekonomi syariah di penjuru nusantara," kata Wapres Ma’ruf dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Istana Negara Jakarta, Jumat.

MES, lanjut Wapres, juga memiliki komitmen untuk secara aktif melahirkan pelaku usaha syariah melalui pengembangan pusat inkubasi dan pusat bisnis syariah di berbagai daerah.

"MES juga berkomitmen untuk aktif melahirkan pengusaha syariah melalui pengembangan pusat-pusat inkubasi dan bisnis syariah di berbagai daerah, melalui kolaborasi dengan KNEKS, pemda dan Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia)," jelasnya.

Baca juga: Wapres tegaskan "Halal Value Chain" harus saling terintegrasi

Oleh karena itu, Wapres berharap MES dapat terus bersinergi dengan pemerintah dan pihak swasta untuk mengembangkan rantai nilai halal, sehingga Indonesia bisa menjadi pusat rantai nilai halal global.

"Sinergi, kolaborasi dan kemitraan antara pelaku usaha besar serta pelaku UMKM dan ultra mikro harus kita perkuat guna mengembangkan halal value chain, agar tujuan pemerataan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud," katanya.

Wapres juga berharap potensi ekonomi dan keuangan syariah nasional dapat dioptimalkan demi kesejahteraan masyarakat, serta menjadikan Indonesia sebagai pemain utama industri halal di tingkat global.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang juga selaku Ketua MES, Erick Thohir mengatakan santri merupakan pilar utama bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Menurut Erick, para santri mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah dengan bekal wawasan dan spiritual yang dimiliki dari pesantren.

"Santri, dengan wawasan intelektual maupun spiritual, telah terbukti melahirkan kualitas sumber daya yang unggul. Kita bersama-sama akan terus mendorong terlibatnya santri sebagai motor ekonomi syariah," ujar Erick.

Dalam peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Istana Negara Jakarta, Jumat, Pemerintah juga meluncurkan logo baru MES sebagai semangat baru dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah serta memperkuat perekonomian nasional.

Baca juga: Wapres minta seluruh pemda kembangkan Mal Pelayanan Publik
Baca juga: Ma'ruf Amin: Santri berperan dalam penanggulangan COVID-19


Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar