Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 150 pelajar dari sejumlah sekolah di Indonesia, Ethiopia, dan Belanda membahas isu pelestarian lingkungan dalam acara internasional Indonesia-Ethiopia Students Correspondence Program (IIESCOP) ke-3 yang diselenggarakan Kedutaan Besar RI di Addis Ababa, Ethiopia.

“IIESCOP adalah investasi sumber daya manusia internasional yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama antar negara di masa depan,” kata Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, saat membuka IIESCOP ke-3 yang digelar secara hybrid, Jumat.

Menurut Al Busyra, kerja sama antar negara dapat dikembangkan melalui bibit persahabatan dan konektivitas, serta tukar pengetahuan dan pengalaman sejak usia dini.

Pelajar sekolah menengah dari tiga negara membahas setiap individu bertanggung jawab besar menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

“Karena lingkungan yang sehat akan melahirkan kualitas hidup yang baik dan meningkatkan produktifitas,” demikian komitmen pelajar dalam keterangan pers yang diterima ANTARA.

IIESCOP ke-3 diselenggarakan oleh KBRI bekerja sama dengan sejumlah sekolah menengah di Indonesia, Ethiopia, dan Belanda.

Sebelumnya IIESCOP ke-1 dan ke-2 diselenggarakan pada 8 April 2021 dan 26 Juni 2021.

Pelajar yang ingin mengetahui lebih lanjut dan bergabung dengan IIESCOP, dapat mengakses grup Facebook IIESCOP.

“IIESCOP ke-4 direncanakan akan diselenggarakan Januari 2022, dengan melibatkan pelajar dari Amerika Serikat,” kata Dubes Al Busyra.

Baca juga: Pengusaha Ethiopia akan ikuti TEI DE 2021
Baca juga: Ethiopia ingin Indonesia berbagi pengalaman kembangkan pariwisata


Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021