Jakarta (ANTARA) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan pelatihan dan edukasi teknologi otomotif terkini secara virtual kepada guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang kali ini ditujukan untuk mereka yang berada di Jawa Barat.

Daihatsu memberikan informasi edukatif seputar teknologi terbaru yang ada pada mobilnya, dimulai dari pengenalan fungsi, mekanisme kerja komponen, hingga metode troubleshooting pada teknologinya.

"Pelatihan ini merupakan wujud kontribusi Daihatsu dalam meningkatkan Link and Match antara program vokasi dengan dunia industri," ujar Section Head of Service Training Department PT ADM Aji Prima Barus Nurcahya, melalui keterangannya, Selasa.

"Semoga para guru SMK dapat meneruskan sharing ini kepada para siswa di sekolahnya agar dapat mempersiapkan diri lebih baik ketika terjun ke dunia industri," imbuhnya.

Baca juga: Daihatsu Terios semakin digemari berkat fitur kekinian

Baca juga: Daihatsu luncurkan Terios baru yang dilengkapi fitur "Eco Idle"

Adapun topik pelatihan yang diberikan untuk para guru SMK kali ini adalah Mesin dan Perfoma Daihatsu Rocky.

Pertama adalah mesin 1KR-VET 1.0 yang merupakan pengembangan dari mesin 1KR-VE sebelumnya yang digunakan pada Daihatsu Ayla dengan penambahan turbo charge, serta beberapa perubahan.

Perubahan itu antara lain pada cylinder head, cylinder block, spacer water jacket, permukaan piston tumble flow, connecting rod, valve mechanism, crank shaft pulley, timing chain cover, intake manifold, coil, busi, crank shaft pulley, dan belt yang menjadikan mesin lebih andal.

Kedua, adalah mesin WA-VE 1.2. Mesin ini menjadi mesin Daihatsu pertama di indonesia yang menggunakan 3 silinder berkapasitas 1.200 cc, serta memiliki beberapa mekanisme baru yaitu longer stroke, mesin compact, selenoid pada sistem control VVT-i, permukaan piston tumble flow, double injector, water jacket di exhaust dan double thermostat.

Selain menghasilkan produk terbaik yang cocok untuk masyarakat Indonesia dan ramah lingkungan, beragam fitur mobil Daihatsu juga memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pelanggan dalam berkendara, dan beraktivitas sehari-hari.

Di sisi lain, Daihatsu sebelumnya telah membekali teknologi otomotif terkini ke para guru SMK di Indonesia berdasarkan area secara berturut-turut, seperti di Yogyakarta pada 28 Januari dan 24 Juni; Sumatera (18 Februari & 26 Agustus); DKI Jakarta & Banten (26 Maret & 23 September); Jawa Barat (22 April & 21 Oktober); Jawa Tengah (6 Mei); dan Jawa Timur (23 Juli).

Baca juga: Deretan mobil baru yang diperkirakan akan meluncur di GIIAS 2021

Baca juga: Grand Max jadi andalan Daihatsu saat ini

Baca juga: PPnBM tingkatkan penjualan Daihatsu hingga lebih dari 100 ribu unit
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021