Bamsoet meminta pemerintah genjot penyerapan anggaran PEN

id MPR, Bambang Soesatyo, PEN

Bamsoet meminta pemerintah genjot penyerapan anggaran PEN

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (bAMSOET) saat menjadi pembicara kunci dalam diskusi dan pelucuran buku BS Center berjudul "Vaksin COVID-19 dan Arah Pemulihan Ekonomi Indonesia", di Jakarta. ANTARA/HO

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) memimta pemerintah menggenjot penyerapan anggaran program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, Bamsoet meminta pemerintah segera merealisasikan program-program terkait pemulihan ekonomi sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

Realisasi anggaran program PEN baru mencapai 58,3 persen menjelang akhir Oktober 2021.

"Saat ini empat dari lima sektor program PEN masih mencatatkan realisasi yang minim, dengan program dukungan usaha mikro, kecil, dan menengah/UMKM yang memiliki realisasi terendah," kata Bamsoet menegaskan.

Bamsoet meminta pemerintah memfokuskan kinerjanya kurang lebih dua bulan terakhir sebelum tahun 2021 berakhir, yaitu fokus pada program-program kesehatan, perlindungan sosial, dukungan berbagai program padat karya, dan dukungan UMKM dan korporasi.

Selain itu, pemerintah juga diharapkan mengoptimalkan realisasi anggaran insentif usaha, yang saat ini realisasinya sudah cukup baik.

Bamsoet meminta pemerintah memastikan program PEN ditujukan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat. Bamsoet mengingatkan program pemulihan ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat pascapandemi.
Baca juga: Bamsoet-Jokowi bahas percepatan penanganan COVID-19
Baca juga: Merawat kehidupan di sela duka dan kerusakan karena pandemi COVID-19

Pewarta : Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar