Jakarta (ANTARA) -
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menawarkan gagasan soal peran dan cara Indonesia menyelamatkan dunia dari krisis iklim.
 
“Hutan kita, hutan Indonesia, bisa memberikan kontribusi besar menurunkan pemanasan global dengan menyerap lebih banyak karbon dioksida, Untuk menuju ke sana, PSI menawarkan sebuah gagasan,” kata Plt Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha, dalam keterangan diterima di Jakarta Minggu.
 
Menurut dia, data memperlihatkan ada sekitar 10,6 juta hektar hutan lindung dan konservasi yang kini hanya menjadi semak belukar.
 
“Jika kita menanam kembali pohon di sana, dalam beberapa tahun lahan itu akan menjadi hutan yang akan menyerap 3,8 miliar ton karbon dioksida. Itu setara dengan 21 kali emisi karbon transportasi tahunan di Jakarta,“ kata Giring.

Baca juga: Fraksi PSI DPRD pertanyakan kecukupan anggaran untuk atasi kebakaran
 
Untuk menyelamatkan bumi, kata Giring, setidaknya dengan dua cara. Pertama, dengan energi terbarukan dan, kedua, dengan konservasi dan perlindungan hutan.
 
Menurut kajian badan kebijakan fiskal, investasi energi terbarukan akan memakan biaya sampai 240 miliar dolar AS.
 
"PSI mendukung upaya investasi energi terbarukan ini tapi kajian yang sama mengatakan konservasi dan perlindungan hutan dapat lebih ampuh menurunkan emisi dengan biaya 2 persen saja,” kata Giring.
 
Lebih lanjut, planet bumi bergantung kepada tiga hutan hujan tropis sebagai paru-paru, satu di Amazon Brasil, satu di Kongo, dan satu lagi di Indonesia.

Baca juga: Survei CPCS: Partai Demokrat masuk tiga besar
 
Untuk mewujudkan gagasan konservasi tersebut, menurutnya perlu kerja sama, sebuah kerja besar menanam dan merawat lahan itu agar kelak menjadi hutan yang menyelamatkan dunia. Sebuah kerja bersama yang akan menghasilkan dua manfaat.
 
“Selain menyelamatkan hutan dan menjadikan Indonesia sebagai pahlawan penyelamat dunia, kerja bersama ini akan menjadi sumber lapangan pekerjaan baru yang bisa menyerap jutaan tenaga anak muda,“ ucapnya.
 
Anak-anak muda itu menurut dia turut merawat rumah masyarakat adat dan kekayaan satwa Indonesia seperti orang utan, harimau, badak, dan cenderawasih.
 
“Inilah sebuah pekerjaan besar yang akan membuat Indonesia diingat dunia, sebagai negara yang menyelamatkan bumi dari krisis iklim,“ ujar Giring.

Baca juga: Elektabilitas PDI Perjuangan dan PSI unggul di DKI

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021