Aspikom luncurkan direktori untuk program MBKM

id Aspikom,Aspikom luncurkan direktori program MBKM,direktori untuk program MBKM,Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi,pertukaran mahasiswa,data asp

Aspikom luncurkan direktori untuk program MBKM

FISIP Unsoed menjadi tuan rumah penyelenggaraan Aspikom 2021. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Purwokerto (ANTARA) - Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) meluncurkan direktori edisi katalog implementasi kurikulum untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang di dalamnya terdapat berbagai informasi terkait dengan program studi.

"Direktori ini berisi informasi tentang identitas program studi ilmu komunikasi anggota Aspikom yang bertujuan untuk memfasilitasi kerja sama MBKM untuk program studi S1 ilmu komunikasi yang ingin bekerja sama dalam program pertukaran mahasiswa lintas perguruan tinggi," kata Ketua Umum Aspikom Dr. Muhammad Sulhan di Purwokerto, Minggu.

Baca juga: Rektor PTS dorong kampus berkolaborasi terapkan Kampus Merdeka

Pernyataan tersebut disampaikan usai kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Pusat yang diselenggarakan 28-30 Oktober 2021 di Purwokerto. Dalam kegiatan tersebut, FISIP Universitas Jenderal Soedirman menjadi tuan rumah penyelenggaraan.

Dia menambahkan, direktori tersebut diharapkan dapat menjadi rujukan bagi seluruh program studi komunikasi yang tergabung dalam Aspikom untuk mencari informasi tentang berbagai hal sebelum memulai pertukaran mahasiswa.

"Jadi ini semacam 'big data' agar tiap program studi punya informasi akurat jika mahasiswa ingin bertukar tempat kuliah dalam program pertukaran mahasiswa," katanya.

Baca juga: Dirjen Dikti ajak mahasiswa daerah 3T ikut program Kampus Merdeka

Sementara itu, perwakilan tim penyusun buku direktori Dr. Nurul Hasfi menambahkan di dalam direktori tersebut juga terdapat informasi seperti nama dan status akreditasi program studi, alamat, nomor narahubung, juga daftar judul mata kuliah yang ditawarkan oleh program studi yang bisa diikuti oleh mahasiswa dari luar program studi, fakultas, bahkan universitas lain di seluruh Indonesia.

"Katalog ini menjadi begitu penting mengingat masih banyak pertanyaan terkait implementasi teknis yang harus dilakukan setiap program studi tepat pada saat ada permintaan dari mahasiswa mereka masing-masing untuk mengambil program MBKM," katanya.

Baca juga: Nadiem puji semangat perguruan tinggi di Jatim jalankan program MBKM

Dia juga menambahkan Aspikom meluncurkan direktori ini sebagai sistem informasi program studi ilmu komunikasi yang bersifat terpusat dan terkoordinasi.

Dengan adanya buku direktori tersebut, diharapkan program studi anggota Aspikom dapat memanfaatkan jejaring yang ada untuk menjalin Kerjasama dengan program studi lain dalam implementasi MBKM khususnya pertukaran mahasiwa.

Baca juga: Wagub Jatim: MBKM wadah mahasiswa untuk berani ke luar kampus

Sementara itu dalam rakernas tersebut juga dibahas mengenai rencana audiensi antara Aspikom dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim untuk dapat memaparkan berbagai program MBKM yang dicanangkan guna memperkuat sinergi yang baik antara perguruan tinggi dengan pemerintah dalam implementasi program MBKM.

Selain itu juga bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang pelaksanaan MBKM antara pemerintah dan perguruan tinggi.
T.W004

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar