Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggandeng IKIP Budi Utomo dan Polres Malang Kota menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 dosis kedua bagi seribu mahasiswa dan warga yang telah mengikuti vaksinasi dosis pertama pada pekan kedua Oktober lalu.

Ketua PWI Malang Raya Cahyono di Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan jumlah vaksin dalam kegiatan vaksinasi dosis kedua sama dengan dosis pertama, yakni seribu dosis.

“Kegiatan vaksinasi ini diikuti oleh kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Untuk jenis vaksin sama dengan dosis pertama, yakni Sinovac,” kata Cahyono di sela kegiatan vaksinasi.

Baca juga: Puan minta vaksinasi anak segera diimplementasikan

Sementara itu, Kapolsek Blimbing AKP Rizal Yanuar yang mewakili Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto menyampaikan vaksinasi dosis kedua ini untuk mahasiswa dan masyarakat umum, dengan tajuk "Vaksinasi Gembira".

“Kami memilih tajuk ini agar peserta vaksinasi dapat bergembira mengikuti program pemerintah. Kami menyasar mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus IKIP ini,” kata Rizal.

Dalam kegiatan vaksinasi kali ini, lanjut Rizal, Polresta Malang Kota menerjunkan 40 personel yang didominasi tenaga kesehatan (nakes).

“Nakesnya dari kami (Polresta Malang Kota), sedangkan untuk tenaga administrasi dari IBU ada 25 orang. Jadi kurang lebih ada 65 petugas dalam kegiatan hari ini,” ucapnya.

Ketika disinggung mengenai animo peserta vaksinasi, Rizal mengaku sejauh ini animo peserta cukup tinggi. Hal itu mengingat saat ini vaksinasi menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan masyarakat.

“Animo masyarakat saat ini sangat antusias, walau beberapa memang target kita bukan hanya dari sekitar sini saja, tapi dari luar kota kami juga menerima,” terangnya.

Baca juga: Kemenkes: Capaian vaksinasi COVID-19 Indonesia urutan lima dunia

Sementara itu, Rektor IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Dr Nurcholis Sunuyeko menyebutkan dalam vaksinasi tahap kedua yang digelar hari ini juga sebagai bukti bahwa kampusnya merupakan salah satu kampus yang mendukung program pemerintah.

“Di sini sudah hampir 100 persen mahasiswa dan dosen telah tervaksin. Namun, untuk vaksin booster masih kami bicarakan kembali,” pungkasnya.

Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua juga diselenggarakan di Kampus C IKIP Budi Utomo Malang, Jalan Citandui, Kota Malang.

Baca juga: Kemenkes upayakan 60 persen penduduk peroleh dosis pertama bulan ini
Baca juga: Satgas sebut vaksinasi COVID-19 di Aceh capai 1,31 juta jiwa

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021