Ketua Komisi VI DPR inisiasi buka sentra vaksinasi di pondok pesantren

id DPR RI,Vaksinasi COVID-19,vaksinasi ponpes

Ketua Komisi VI DPR inisiasi buka sentra vaksinasi di pondok pesantren

Suasana sentra vaksinasi COVID-19 yang diinisiasi Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza pada dua pondok pesantren yaitu Ponpes Nurul Jadid, Probolinggo dan Ponpes Al-Yasini, Pasuruan, Kamis (11/11/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza menginisiasi pembukaan sentra vaksinasi COVID-19 pada dua pondok pesantren (ponpes) yaitu Ponpes Nurul Jadid, Probolinggo, dan Ponpes Al-Yasini, Pasuruan.

"Mereka juga harus mendapat hak yang sama, tidak terkecuali dalam hal vaksinasi COVID-19. Untuk itu harus disemangati agar mereka tidak merasa sendiri," kata Faisol dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Sebanyak 10 ribu dosis vaksin disiapkan untuk sentra vaksinasi di dua ponpes tersebut, dan dilaksanakan selama lima hari mulai Kamis-Senin, 11-15 November 2021.

Faisol menyatakan langkahnya menginisiasi membuka sentra vaksinasi tersebut merupakan bentuk totalitas membantu pemerintah melawan COVID-19 dengan mempercepat tercapainya target vaksinasi.

Menurut dia, apabila target vaksinasi tercapai, maka diharapkan dapat segera terbentuk kekebalan kelompok atau "herd immunity" rakyat Indonesia.

"Dengan disuntikannya vaksinasi dosis kedua untuk semua lapisan masyarakat ini, diharapkan kekebalan tubuhnya meningkat," ujarnya.
Baca juga: 1.500 santri Ponpes Al Falah Putera ikuti vaksinasi Polda Kalsel

Ketua DPP PKB itu berharap gerai vaksinasi yang digelarnya tersebut diharapkan dapat mempercepat cakupan vaksinasi di Probolinggo dan Pasuruan.

Hal itu, menurut dia, karena berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo pada 6 November 2021, cakupan vaksinasi di wilayah tersebut sudah 59,2 persen dari total sasaran vaksinasi sebanyak 890.667 orang.

"Sedangkan di Kabupaten Pasuruan, cakupan vaksinasi COVID-19 mencapai 54 persen dari total sasaran yang ditetapkan. Gerai vaksinasi yang digelar ini diharapkan mempercepat cakupan vaksinasi di dua daerah tersebut," ujarnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tersebut, peserta yang telah disuntik vaksin COVID-19 menerima uang tunai yang diberikan Faisol.

Faisol mengatakan, pemberian uang tunai bagi peserta vaksinasi tersebut dengan tujuan agar mereka semangat saat mendapat vaksin COVID-19.
Baca juga: Wapres apresiasi vaksinasi di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar