Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko mengingatkan seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah di saluran air, terlebih saat musim hujan.

Hal tersebut dilakukan agar air hujan yang mengalir di setiap saluran lingkungan warga tidak tersumbat.

"Saya imbau kepada seluruh masyarakat seluruhnya di Jakarta Barat untuk memperbaiki lingkungan, menjaga kebersihan lingkungan," kata Yani dalam apel persiapan banjir di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin.

Menurut dia, upaya tersebut harus dilakukan guna membantu jajarannya dalam menanggulangi banjir.

Tidak hanya membuang sampah pada tempatnya, pihaknya juga mengharapkan warga berinisiatif membuat drainase vertikal atau sumur resapan.

"Warga diharapkan untuk membuat 'vertikal drain' di halaman setiap rumah agar air hujan bisa diparkirkan di halaman rumah," kata Yani.

Baca juga: Wagub DKI: Banjir di Jakarta tidak sampai berhari-hari
Baca juga: Banjir di Jaktim dan Jaksel surut kurang dari enam jam


Nantinya, pembuatan sumur resapan tersebut bisa dilakukan secara gotong-royong oleh masyarakat ataupun personel dari Suku Dinas Air Jakarta Barat.

Petugas dari Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) dari Dinas Lingkungan Hidup berserta petugas Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU) akan membantu warga dalam membersihkan saluran air.

Dengan sinergitas tersebut, Yani berharap banjir di beberapa titik di Jakarta Barat selama musim hujan ini bisa berkurang.

"Saya harapkan pada seluruh jajaran dan seluruh masyarakat terlibat. Tentunya pada apel pagi ini saya harapkan jadi motivasi seluruh jajaran sehingga masyarakat merasa aman dan tenang," kata Yani.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021