UI gelar syiar Maulid di Makara Art Center

id Makara art center,Warek UI,UI Depok

UI gelar syiar Maulid di Makara Art Center

UI gelar syiar Maulid di Makara Art Center. (ANTARA/Humas UI)

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menggelar puncak kegiatan syiar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW (Shallahu Alaihi Wassalam) di Makara Art Center Senin malam (15/11) mulai pukul 19.30 WIB.

Kepala Makara Art Center UI, Al-Zastrouw dalam keterangan tertulisnya, Senin, menjelaskan acara ini dikemas dalam format yang menghibur dan reflektif.

Karena perayaan Maulid pada dasarnya adalah wujud syukur atas kelahiran Nabi SAW yang harus disambut dengan suka cita.

Namun demikian, hiburan yang akan disampaikan juga harus bernuansa religi, karena perayaan maulid juga merupakan momentum religius.

Baca juga: Wisma Makara UI tidak lagi jadi tempat karantina pasien COVID-19

Baca juga: Makara Art Center UI gelar lomba seni religi nasional


"Keseimbangan antara dimensi spiritual dan rekreatif inilah yang harus kita agar kita dapat beragama secara enak, nyaman dan bahagia," kata Zastrouw.

Pada puncak acara ini akan diumumkan pemenang lomba Puitisasi Al-Qurán dan musikalisasi puisi religi antar mahasiswa se-Indonesia yang sudah berlangsung sejak Oktober 2021.

Para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah Rp5 juta untuk juara pertama, Rp3 juta untuk juara kedua dan Rp2 juta untuk juara ketiga. Selain itu masing-masing juga memperoleh sertifikat dan plakat.

Budayawan dan musisi senior Eros Djarot mengatakan lomba musikalisasi puisi religi ini merupakan media efektif untuk mengolah rasa dan olah batin generasi muda agar bisa mengendap, tidak emosional, sehingga dapat mendekatkan kata dalam kehidupan nyata.

“Melalui melali lomba-lomba seperti ini mahasiswa dilatih menguasai makna dari setiap kata dan memasukkan dalam jiwa” kata Eros Djarot.

Para pengisi acara yang akan hadir dalam acara yang bertajuk Syiar Maulid UI ini adalah lady rocker religi, Mel Shandy, yang akan membawakan beberapa lagu rock religi dan membaca ayat suci Al Quran.

Selanjutnya Agus Idzwar, penyanyi nasyid Eks-Snada, penyair Jose Rozal Manua yang akan membawakan tadarus puisi, musisi Jalanan Iweng IMJ, dan kelompok hadrah mahasiswa UI yang akan membawakan shalawat.

Wakil Rektor 1 bidang akademik dan kemahasiswaan UI, Prof. Abdul Haris direncanakan hadir via zoom untuk membuka acara.

Acara itu terselenggara atas kerjasama Makara art Center, Ditmawa, Masjid UI dengan dukungan bank BNI dan Humas UI. Acara ini dapat disaksikan secara langsung di kanal youtube Makara Art Center.*

Baca juga: UI-Kemendikbud-UNUSIA gelar simposium internasional bahas jalur rempah

Baca juga: UI luncurkan platform pembelajaran daring Makara UI Academy

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar