Sudin KPKP Jakpus catat 4.500 hewan sudah vaksin rabies selama 2021

id vaksin rabies,hewan peliharaan,Sudin KPKP

Sudin KPKP Jakpus catat 4.500 hewan sudah vaksin rabies selama 2021

Pelaksanaan vaksinasi rabies gratis di Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (15/11/2021). ANTARA/HO Kominfotik Jakarta Pusat.

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat mencatat sebanyak 4.500 hewan peliharaan sudah mendapat vaksin rabies secara gratis selama 2021.

Kepala Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penti Yunesi mengatakan pelaksanaan vaksinasi rabies terhadap hewan penular rabies (HPR) tersebut untuk mewujudkan target Pemprov DKI Jakarta bebas rabies pada 2022.

Baca juga: Sudin KPKP Jaksel targetkan 6.800 ekor hewan divaksin rabies

"Sejauh ini kita sudah melakukan 4.500 hewan peliharaan yang sudah tervaksinasi dengan target 5.000 hewan untuk tahun ini," kata Penti pada pelaksanaan vaksinasi gratis di Utan Panjang Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin.

Meskipun pandemi COVID-19, Penti menjelaskan pihaknya terus memberikan imbauan dan informasi vaksin rabies gratis beserta lokasi kepada masyarakat melalui sosial media Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Pada pelaksanaan vaksin gratis di Kelurahan Utan Panjang sebanyak 43 ekor hewan mulai dari anjing dan kucing mendapat vaksinasi.

Ia berharap para pemilik menyadari penting vaksin rabies terhadap hewan peliharaan.

Baca juga: Pemkot Jakpus pertahankan "zero rabies" lewat gelar vaksin di 13 titik

Sementara itu, Lurah Utan Panjang Amadeo mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi HPR di wilayahnya agar pemilik hewan peliharaan bisa terbebas dari penyakit rabies.

"Sangat mengapresiasi hadirnya vaksinasi di Kelurahan Utan Panjang sehingga hewan peliharaan yang ada di wilayah kami bisa terbebas dari penyakit rabies," tutur Amadeo.

Adapun syarat untuk mendapat vaksinasi, yakni hewan harus dalam kondisi sehat, tidak memiliki penyakit flu dan sebagainya, umur minimal empat bulan, tidak bunting, dan tidak menyusui.

Setelah Kelurahan Utan Panjang, program vaksin rabies gratis selanjutnya dilaksanakan di RPTRA Harapan Mulya pada 17-18 November 2021.

Baca juga: Pemkot Jakut targetkan 4.500 hewan peliharaan dapat vaksin anti-rabies

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar