JK: Pengurus PMI Maluku Utara agar fokus penanganan COVID-19

id PMI

JK: Pengurus PMI Maluku Utara agar fokus penanganan COVID-19

Ketua Umum Pengurus PMI Pusat, Jusuf  Kalla melantik kepengurusan PMI Provinsi Maluku Utara, priode 2021 – 2026 di Ternate, Rabu (17/11/2021) ANTARA/HO

Ternate (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jusuf Kalla mengharapkan kepada pengurus PMI Provinsi Maluku Utara agar  fokus bekerja, khususnya dalam mambantu pemerintah dalam penanganan COVID-19.

"Saya ucapkan selamat kepada kepengurusan yang baru dilantik, agar fokus melaksanakan tugas dan fungsi, sebab kita bekerja demi aksi kemanusiaan," kata JK dalam sambutannya pada acara pelantikan kepengurusan PMI Maluku Utara periode 2021-2026 di Ternate, Rabu.

Dia menjelaskan, semua orang tidak mengharapkan ada masalah, tetapi apabila ada bencana maka relawan PMI siap hadir untuk membantu menyelesaikan masalah yang terjadi, seperti masalah bencana banjir di sejumlah daerah di Indonesia

Baca juga: JK bersyukur PMI terima bantuan COVID-19 dari Belanda

Selain itu, kata mantan Wapres dua periode itu, tak hanya bencana alam, namun saat ini pemerintah tengah fokus mengantisipasi gelombang ketiga lonjakan COVID-19, sehingga diharapkan dengan kerja sama dapat kita kendalikan wabah ini

"Tugas kita adalah membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan serta mengajak mereka untuk mau mengikuti program vaksinasi," ujar JK.

Sementara itu, Ketua Pengurus PMI Provinsi Malut, Husen Alting menyatakan mengapresiasi kepada JK yang telah meluangkan waktu datang ke daerah ini, untuk melantik kepengurusan PMI.

Baca juga: JK: Kita harus antisipasi gelombang ketiga COVID-19

Dia menyatakan, setelah dilantiknya sebagai Ketua PMI Malut akan fokus memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat terkait donor darah, karena setiap tahun donor darah yang ditargetkan 5.000 kantong, namun selama ini hanya bisa mencapai 3.000 kantong.

Selain itu, dia akan melakukan penguatan kapasitas pengurus PMI di kabupaten dan kota di Malut serta meningkatkan pelayanan PMI kepada masyarakat baik dalam situasi bencana maupun dalam situasi normal.

Baca juga: Bantu mobil PMI tangani banjir, Pertamina bantu BBM di Sanggau

Dalam pelantikan itu, turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Malut, M. Al Yasin Ali yang juga sebagai ketua Dewan Kehormatan Pengurus PMI provinsi serta Forum Komunitas Pimpinan Daerah Malut dan Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.
 

Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar