Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan pihaknya memfasilitasi sinergitas ekosistem digital untuk menggerakkan inisiatif-inisiatif yang mendorong pertumbuhan dan memperkuat startup digital di Indonesia.

“Sinergitas dan kolaborasi menjadi prinsip penting dalam transformasi digital sehingga dapat menempatkan Indonesia sebagai changer di pasar ekonomi dunia dan mendorong penguasaan teknologi mutakhir untuk seluruh putra-putri anak bangsa Indonesia,” ujar dia dalam siaran pers dikutip Rabu.

Baca juga: Menkominfo: Waspadai kenaikan COVID-19 dengan vaksin dan taat prokes

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri acara Demo Day HUB.ID 2021 di Hotel Mulia, Jakarta Selatan. Menurut Menteri Johnny, dalam mengembangkan perusahaan rintisan digital Indonesia diperlukan dorongan percepatan melalui akses jaringan yang lebih luas.

Lewat Program HUB.ID, kata dia, Kementerian Kominfo terus berupaya memfasilitasi pelaku startup digital berkolaborasi dengan inovator dan investor.

“Hadirnya program HUB.ID sebagai salah satu jawaban untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi dari para inovator dalam menghadirkan terobosan di ekosistem ekonomi digital Indonesia,” ujarnya.

Menkominfo menjelaskan HUB.ID dirancang sebagai program business matchmaking yang mempertemukan perusahaan rintisan digital dengan pihak yang memiliki kebutuhan inovasi dan strategi bisnis yang sama.

“Melalui kegiatan demo day HUB.IB hari ini, saya mengharapkan agar startup digital mendapatkan komitmen investasi yang akan membantu peningkatan kemampuan startup digital dalam memperluas layanan kepada masyarakat,” kata dia.

HUB.ID turut membuka ruang bagi perusahaan rintisan untuk memperoleh akses pendanaan kerja sama bisnis dan kemitraan. Hal itu berlangsung dalam tahapan speed mentoring, business matchmaking, networking, dan demo day atau sesi presentasi.

Untuk melengkapi usaha dalam penguatan bisnis perusahaan rintisan tersebut, turut diundang para investor dari dalam dan luar negeri untuk mengenali inovasi serta model bisnis dari perusahaan rintisan yang terpilih serta memberi kesempatan untuk berinvestasi.

Menkominfo menyatakan keberadaan peluang akses investasi dan sinergitas ekosistem akan menjadikan dunia perusahaan rintisan digital di Indonesia akan lebih berkembang dinamis.

”Untuk siap menghadapi dunia startup digital yang dinamis, juga mengidentifikasi kebutuhan dari pelaku startup digital di Indonesia bagaimana bisa mendapatkan peluang akses investasi, atau bersinergi dengan berbagai stakeholders seperti korporasi, swasta, BUMN, bahkan dengan pemerintah,” ucap dia.

Dengan semangat dari jaringan perusahaan rintisan HUB.ID, Johnny berharap makin banyak mitra dan investor yang bergabung di dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga makin banyak perusahaan rintisan Indonesia yang tumbuh, akseleratif dan resilient, demi mewujudkan Indonesia yang terkoneksi, semakin digital, dan semakin maju.

Dalam Demo Day HUB.ID kali ini, terdapat 43 perusahaan rintisan digital yang terpilih. Masing-masing perusahaan rintisan digital terbagi ke dalam tujuh sektor bisnis, yaitu pertanian dan kemaritiman, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, keuangan dan smart city.

Menteri Johnny mengharapkan pengembangan startup digital akan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air. Secara khusus, Menkominfo mendorong generasi muda untuk mengembangkan inovasi di ruang digital agar menjadikan Indonesia Maju.

“Terus bertumbuh, tumbuh kembangkan inovasi-inovasi anak negeri kita untuk mengisi ruang digital, untuk menjadi pemain-pemain utama di dalam ekonomi digital, untuk menjadi startup digital yang terus berkembang demi kejayaan negeri kita dan masa depan generasi muda, generasi milenial Indonesia,” kata dia.

Selain Program HUB.ID, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komifo juga menyiapkan fasilitas untuk pelaku perusahaan rintisan digital berupa Sekolah Beta, 1000 Startup Digital, dan startupstudio.id.

Program Sekolah Beta merupakan tahap awal untuk memberikan pengetahuan dan keahlian mendasar yang dibutuhkan dalam dunia perusahaan rintisan digital.

Sedangkan program 1.000 Startup Digital dihadirkan untuk memfasilitasi pencarian dan mengkurasi ide kreatif serta tim untuk membuat produk-produk yang inovatif.

Adapun program startupstudio.id merupakan sekolah bagi pendiri perusahaan rintisan digital guna menyiapkan wawasan dan kemampuan teknis secara lebih intensif.

Dalam acara Demo Day HUB ID itu, Menkominfo diidampingi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan serta CEO MDI Ventures, Donald Wihardja.

Baca juga: Kominfo ajak masyarakat kurangi mobilitas cegah lonjakan COVID-19

Baca juga: Kemenkominfo siapkan mekanisme pembagian 6,7 juta STB gratis

Baca juga: Menkominfo: Penghentian siaran analog paling lambat 2 November 2022

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021