Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengatakan kasus aktif COVID-19 di wilayah itu hingga Jumat, tersisa dua orang.

"Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, kasus aktif COVID-19 saat ini tersisa dua orang. Jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Manggarai terus menurun," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai, Fannsy Aldus Jahang di Kupang, Jumat.

Dia mengatakan kedua pasien aktif COVID-19 itu saat ini sedang melakukan perawatan dengan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Menurut dia, pasien COVID-19 yang melakukan perawatan di rumah sakit hingga saat ini sudah nihil.

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat beri sanksi administrasi jika tolak vaksinasi

Baca juga: Pasar Modal Indonesia siapkan 50.000 dosis vaksin di Manggarai Barat


"Pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit sudah tidak ada semuanya sudah dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona," ujarnya.

Ia mengatakan kasus positif COVID-19 di Kabupaten Manggarai hingga saat ini mencapai 6.319 orang dengan jumlah kesembuhan mencapai 6.089 orang.

"Jumlah pasien yang sembuh dari paparan virus Corona di Kabupaten Manggarai sangat tinggi mencapai 6.089 orang," kata Fannsy Jahang.

Ia menjelaskan pasien COVID-19 yang meninggal dunia karena terpapar virus Corona mencapai 128 orang.

Fannsy Jahang menambahkan pemerintah Kabupaten Manggarai masih gencar melakukan vaksinasi sebagai upaya menekan terjadinya penyebaran kasus COVID-19.

Menurut dia, vaksinasi di Kabupaten Manggarai untuk dosis I telah dilakukan terhadap 109.397 sasaran dan vaksinasi dosis II mencapai 56.755 sasaran.

Sementara itu untuk capaian vaksinasi dosis III untuk tenaga kesehatan sudah dilakukan terhadap 1.728 orang.

"Pemberian vaksinasi COVID-19 masih terus dilakukan guna mencegah penyebaran COVID-19. Kami terus mendorong warga yang belum melakukan vaksinasi untuk segera melakukan vaksin sehingga bisa terhindari dari paparan virus Corona," kata Fannsy Jahang.

Ia mengapresiasi semua pihak di daerah itu baik TNI/Polri, Kejaksaan dan organisasi kemasyarakatan dan partai politik yang turut membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19 dengan melakukan vaksinasi masal bagi warga Kabupaten Manggarai.*

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat mulai vaksinasi ibu hamil dan menyusui

Baca juga: Diapresiasi, kolaborasi Kemenparekraf hadirkan vaksin di Labuan Bajo

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021