Jakarta (ANTARA) - Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah kejuaraan esport dunia Esports World Championships ke-14 di Bali pada 2022, terpilih dari enam negara lainnya yang juga ikut serta mengajukan bidding untuk tuan rumah kejuaraan dunia esport tersebut.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 diumumkan oleh Presiden Federasi Esports Internasional (IESF) Vlad Marinescu dalam IESF Ordinary General Meeting di Eliat, Jumat, yang dihadiri oleh delegasi Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Desra Firza Ghazfan.

"Kami menjalankan proses bidding secara formal selama empat bulan dengan dokumen yang ketat untuk memastikan kejuaraan dunia ini dapat berlangsung aman bagi para atlet esport," kata Marinescu dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Marinescu mengatakan Bali sangat ideal untuk menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022, sebab Indonesia memiliki tim esport yang luar biasa dan telah berkembang sejak lama.

Menurut Marinescu "kualitas pengalaman orang Indonesia di esport dalam mendukung acara dan profesionalisme komite Olimpiade dan seluruh tim, juga federasi esport di Indonesia," juga menjadi salah satu alasan Indonesia terpilih menjadi tuan rumah.

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 juga merupakan buah diplomasi olahraga Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Baca juga: Ajang apresiasi Indonesian Esports Awards 2021 kembali digelar
Baca juga: PB ESI dorong penyelenggaraan turnamen esport khusus perempuan

 
Tangkap layar Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dalam konferensi pers virtual pengumuman Indonesia sebagai tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022, Jumat (19/11/2021). (ANTARA/Arindra Meodia)


Pada September lalu, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari bertemu Marinescu di Budapest, yang salah satu hasilnya adalah menempatkan Tommy Hermawan Lo masuk dalam jajaran dewan IESF.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, menyambut antusias keputusan IESF. Ditetapkannya Indonesia sebagai tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 sekaligus menjadi pembuktian buah manis diplomasi olahraga KOI dan sinergi federasi nasional.

"Sejak awal kita memang atas perintah Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo, untuk mengambil menjemput lebih banyak event-event internasional ke Indonesia, dan salah satunya dan memang sudah kita incar adalah esport," kata Okto.

"Jangkauan esport ini sangat luas dan melalui World Championship ini kita bisa menjangkau lebih banyak lagi seluruh penjuru di dunia untuk mempromosikan dan membuktikan bahwa Indonesia juga bisa menjadi tuan rumah dari kejuaraan dunia yang bisa dilaksanakan dengan baik."

Okto berharap IESF 14th Esports World Championships 2022 di Indonesia bisa menambah gairah industri esport di Tanah Air. Terlebih, event tersebut akan diselenggarakan di Bali yang terkenal sebagai tempat peleburan kekayaan tradisi budaya masa lalu dan modern.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo, bahwa penyelenggaraan kejuaraan dunia esport di Bali menjadi motor penggerak perkembangan industri esport sekaligus tonggak sejarah bagi Indonesia.

"Kompetisi akbar tingkat dunia ini akan menghadirkan lebih dari 100 negara yang merupakan anggota International Esports Federation. Kami meyakini penyelenggaraan esport kelas dunia di Indonesia akan menjadi motor perkembangan industri esport nasional sekaligus akan menjadi torehan dan salah satu tonggak penting dalam sejarah esport Indonesia," kata Bambang.

IESF 14th Esports World Championships 2022 akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia, pada 20-27 November.

Baca juga: PUBG Mobile resmi dipertandingkan di Asian Games 2022
Baca juga: Piala Presiden Esports 2021 tembus 107 ribu peserta
Baca juga: Tim Indonesia akan mulai berlaga di play-ins kejuaraan Free Fire Asia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021