Pemprov NTB ajak Pramuka menebar kebaikan

id NTB,Pramuka,Pemprov NTB

Pemprov NTB ajak Pramuka menebar kebaikan

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H Lalu Gita Ariadi saat membuka kegiatan Perkemahan Wirakarya Tingkat Daerah NTB 2021 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Gunung Janggot, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Kliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (25/11/2021). (ANTARA/Diskominfotik NTB).

Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengajak Pramuka untuk terus menebar kebaikan dalam pengabdian kepada masyarakat sehingga mampu membentuk jati diri menjadi kader yang handal.

"Semoga adik-adik pramuka dapat membentuk jati diri agar menjadi kader yang handal di masa mendatang yang dibutuhkan untuk mewujudkan NTB Gemilang," ujar Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H Lalu Gita Ariadi saat membuka kegiatan Perkemahan Wirakarya Tingkat Daerah NTB 2021 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Gunung Janggot, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Kliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis.

Sekda mengatakan bahwa seorang Pramuka harus menjadi pionir dan teladan bagi rekan sebaya dan masyarakat .
 
Miq Gite panggilan akrab Sekda NTB mengungkapkan bahwa seorang Pramuka ibarat jawara yang sedang menguatkan ilmu kanuragannya, seorang jawara akan melakukan laku sepi menghindar dari keramaian menuju tempat yang lebih sunyi agar memiliki kemampuan olah rasa, olah pikir, dan olah tubuh yang memadai sehingga menjadi jawara yang siap tampil.

"Analogi jawara tersebut seperti kegiatan PWD NTB 2021 saat ini. Kita menjauh dari keramaian dan berada di Bumi Perkemahan Gunung Janggot. Ibarat seorang jawara atau pepadu, adik-adik sedang meningkatkan kemampuan wirage, wirase, dan wirame," kata Sekda NTB.

Ia menjelaskan, Wirage adalah olah fisik yang baik sehingga mampu melaksanakan kerja-kerja yang baik. Fisik yang baik bisa didedikasikan untuk melakukan kegiatan-kegiatan bakti sosial dan sebagainya.

Wirame adalah pikiran yang bisa saling menerima dalam sebuah harmoni. Ini terkandung dalam perkemahan ini yakni saling pengertian dan terbangun solidaritas sosial yang kuat antara warga perkemahan.

"Dan Wirase adalah rasa kebersamaan untuk hal-hal yang positif," sambungnya.
 
Kegiatan Perkemahan Wirakarya Tingkat Daerah NTB 2021 disingkat PWD NTB merupakan pertemuan Pramuka sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pandega dalam berkontribusi membangun masyarakat melalui aktivitas bakti kemasyarakatan. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar seorang Pramuka.

Selain itu, kegiatan PWD NTB 2021 bertujuan untuk membina fisik, mental, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan Pramuka Penegak dan Pandega melalui kegiatan nyata yang terintegrasi dan berhasil guna bagi masyarakat.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka NTB, H Fathul Gani, mengungkapkan bahwa Perkemahan Wirakarya Daerah NTB 2021 dihajatkan untuk mengasah keterampilan adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega dalam membangun masyarakat.

"Mereka akan belajar dan berintegrasi dengan masyarakat dalam mewujudkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta langsung dapat dirasakan manfaatnya," ungkapnya.

Kak Gani juga menjelaskan terkait Bumi Perkemahan Gunung Janggot yang akan diarahkan menjadi Bumi Perkemahan Kemitraan antara Gerakan Pramuka, pemerintah daerah, dan masyarakat sekitar.

"Sinergi dari ketiga unsur tersebut akan menjadi awal terwujudnya bumi perkemahan yang representatif sebagai tempat pendidikan dan pelatihan bagi anggota Gerakan Pramuka NTB," katanya.
 

Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar