Pemprov Sumsel dorong guru cetak SDM kreatif dan inovatif

id guru,pemprov sumsel,sumsel,hari guru,PGRI

Pemprov Sumsel dorong guru cetak SDM kreatif dan inovatif

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya pada peringatan HUT ke-76 PGRI di Palembang, Kamis (2/12/21). (ANTARA/HO-Pemprov)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong guru untuk mencetak sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif dalam upaya merespons kebutuhan masyarakat saat ini.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya pada peringatan HUT ke-76 PGRI di Palembang, Kamis, mengatakan, guru sebagai pendidik diharapkan memiliki pandangan ke depan mengenai perubahan-perubahan yang bakal terjadi di masa datang.

Sistem pendidikan sudah jauh berkembang sekarang. Karena itu para guru dituntut tidak boleh biasa-biasa saja tapi harus berpikir lebih luas dan jauh ke depan bagaimana mengembangkan talenta anak-anak didiknya agar lebih kreatif dan inovatif, kata Mawardi.

Baca juga: Gubernur Sumsel ingatkan guru perketat protokol kesehatan siswa

Kreativitas dan inovasi itu sangat diperlukan tak hanya dalam menghadapi persaingan antarprovinsi tapi juga untuk mendukung kemajuan di daerah.

Begitu pun perkembangan teknologi tidak bisa dicegah melainkan harus dihadapi dengan peningkatan SDM dan ilmu pengetahuan.

"Jadi jangan hanya melakukan rutinitas saja,” kata dia.

Dalam sambutannya Wagub Mawardi juga mengungkapkan jika ia memahami suka dan duka sebagai pendidik karena memiliki istri yang juga berprofesi sebagai guru.

Oleh karena itu Mawardi sangat mengapresiasi kepala daerah yang telah memberikan insentif bagi para guru di daerah.

“Tentunya kami akan berupaya maksimal untuk memenuhi kebutuhan guru, termasuk kesejahteraannya,” ujar dia.

Baca juga: Wali Kota Magelang mendorong guru kembangkan keteladanan

Sementara itu Ketua PGRI Sumsel Ahmad Zulinto mengatakan hingga kini guru terus meneguhkan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi bidang pendidikan di Tanah Air.

PGRI mengapresiasi kepala daerah yang sudah memberikan insentif kepada para guru honorer untuk membantu peningkatan kesejahteraan.

Pada peringatan hari guru ini, PGRI memberikan penghargaan kepada Wali Kota Palembang, Plt Bupati Muba, Wali Kota Prabumulih, Bupati Banyuasin, Bupati Muaraenim, Bupati PALI, dan beberapa kepala daerah lainnya.

Dalam kesempatan itu Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih karena pemprov telah melaksanakan vaksinasi kepada para guru.

"Alhamdulillah selama pandemi COVID-19, tetap menjalankan tugasnya dengan memberikan pelajaran ke siswa baik secara daring maupun tatap muka,” kata dia.
 

Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar