Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengambil cuti pada akhir tahun 2021 saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan hal tersebut diberlakukan guna mengendalikan penyebaran COVID-19 agar tidak melonjak akibat adanya sejumlah hari besar pada akhir tahun.

"Yang saya sampaikan itu, PNS atau institusi apapun tidak boleh cuti," kata Ema di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat umum agar tidak melakukan aktivitas yang berlebihan guna meminimalisir mobilitas.

Baca juga: Pemkot Bandung siap naikkan PPKM ke level 3 saat Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Luhut ungkap modus pelanggaran PPKM di tempat wisata Bali dan Bandung


Menurutnya, Pemkot Bandung pun bersama kepolisian bakal melakukan sejumlah penyekatan di akses masuk menuju Kota Bandung dengan sistem ganjil genap bagi kendaraan.

"Jadi tidak boleh ada aktivitas yang sifatnya memancing dan menimbulkan kerumunan, misalnya kembang api itu tidak boleh," kata dia.

Adapun kepolisian juga bakal melakukan penutupan 10 jalan raya di pusat Kota Bandung. Penutupan itu bakal berlaku pada malam pergantian tahun baru mulai pukul 18.00 WIB hingga 05.00 WIB pada 1 Januari 2022.

Dia memastikan bakal mengenakan sanksi bagi tempat hiburan atau tempat wisata yang melanggar ketentuan PPKM Level 3 pada akhir tahun tersebut.

"Kalau memaksakan ada kegiatan akan dibubarkan kemudian mereka juga diingatkan lebih keras kalau tidak patuh," katanya.*

Baca juga: 5 mal di Bandung terancam dijual, akibat minimnya pengunjung

Baca juga: Wali Kota Bandung minta warga tak euforia usai level PPKM turun

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021