Padang (ANTARA) - PT Semen Padang mengirimkan 200 kilogram rendang kepada korban yang terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur sebagai wujud kepedulian bagi korban bencana alam tersebut.

"Kami mengirimkan makanan khas Sumbar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumbar," kata Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri di Padang, Minggu.

Baca juga: Petani tembakau Temanggung bantu empat ton beras korban Semeru

Ia berharap bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru, yakni yang bermukim di kawasan Lumajang, Malang dan sekitarnya.

"Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat dan meringankan beban mereka yang jadi korban," katanya.

Ia berharap bantuan yang disalurkan PT Semen Padang melalui BPBD Sumatera Barat ini, dapat dikonsumsi langsung oleh warga yang terkena dampak erupsi Semeru.

Baca juga: IKA Unissula ajak anggota dan mahasiswa bantu korban bencana Semeru

"Kita doakan juga semoga para korban erupsi Gunung Semeru segera kembali menjalani hidup normal dan dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari, sehingga kehidupannya kembali pulih," kata Oktoweri.

Sementara Kepala Unit CSR Semen Padang, Rinold Thamrin menambahkan bentuk kepedulian PT Semen Padang terhadap kebencanaan di Indonesia, tidak hanya dilakukan pada saat ini saja.

Baca juga: Inalum kirim bantuan logistik-relawan bantu pemulihan erupsi Semeru

"Bantuan rendang juga pernah dilakukan pada saat terjadi bencana di NTT pada April lalu. Bahkan tak cuma bantuan berupa makanan dan kebutuhan pokok saja, PT Semen Padang juga beberapa kali mengirimkan relawan melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi bencana yang terjadi di Indonesia, seperti bencana di Palu, Aceh dan beberapa daerah lainnya," kata Rinold.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengirimkan satu ton rendang untuk warga korban terdampak bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setda Pemprov Sumbar, Syaifullah menyampaikan pihaknya juga melakukan penggalangan sumbangan melalui rekening Sumbar Peduli Sesama dengan sasaran masyarakat yang terdampak melalui Pemprov Jatim.
 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021