Jakarta (ANTARA) -
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memiliki kontribusi besar terhadap kemajuan demokrasi di Indonesia.
 
Bamsoet di Jakarta Kamis, mengatakan DKPP menjadi salah satu aktor sentral yang membangun fondasi demokrasi.
 
“Eksistensi DKPP memiliki peran sentral dalam kemajuan demokrasi di Indonesia,” kata Bambang Soesatyo di acara Penyampaian laporan kinerja (Lapkin) DKPP 2021.
 
Peran serta DKPP menurut dia yaitu dengan menjaga kode etik penyelenggara pemilu untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas.
 
Bambang berharap DKPP terus mempertahankan peran sentral dalam menjaga dan meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, terutama dalam menghadapi Pemilu Nasional dan Pilkada Serentak tahun 2024 mendatang.
 
“Saya berharap peran sentral ini dapat dipertahankan terutama untuk menyongsong Pemilu nasional dan Pilkada nasional 2024,” lanjutnya.
 
Terkait pelaksanaan Penyampaian laporan kinerja DKPP 2021, Ketua MPR RI mengatakan hal tersebut telah menjadi satu kelaziman dan keniscayaan bagi setiap institusi, terutama lembaga negara.
 
Penyampaian laporan itu juga sebagai media pertanggungjawaban kepada masyarakat dan alat ukur kinerja serta sarana evaluasi dan monitoring internal atas capaian dan target yang telah ditetapkan.
 
“Tradisi laporan kinerja oleh institusi atau lembaga negara telah menjadi sebuah kelaziman dan keniscayaan. Salah satu sarana keterbukaan informasi publik dalam tata Kelola pemerintahan dan good governance,” ujarnya.

DKPP menggelar kegiatan penyampaian laporan kinerja 2021 pada Kamis 2021. Ketua DKPP Muhammad sebagai bentuk akuntabilitas terhadap pelaksanaan tugas, fungsi, wewenang kewajiban DKPP.
 
"Kita merasa penting menyampaikan kepada publik apa yang selama ini telah dilakukan, yang telah dicapai. Kami berharap ini bisa menjadi informasi, bisa menjadi referensi, bisa menjadi pedoman terutama bagi penyelenggara pemilu, masyarakat maupun partai politik," ujarnya.

Baca juga: DKPP: Prinsip profesionalitas jadi pelanggaran terbanyak

Baca juga: Ketua DKPP ingatkan penyelenggara pemilu selalu patuhi kode etik

Baca juga: DKPP dan Untirta kerja sama perkuat demokrasi dan integritas pemilu

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021