Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (Minggu,2/1) yang menarik perhatian pembaca dan layak untuk dibaca pagi ini, di antaranya transmisi lokal kasus Omicron, kematian massal ikan di Danau Maninjau di Provinsi Sumatera Barat, dan banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Total sudah 138 kasus Omicron, dua di antaranya transmisi lokal

Kementerian Kesehatan mencatat ada dua penambahan kasus transmisi lokal COVID-19 varian Omicron di Surabaya, Jawa Timur, sehingga total kasus Omicron di Indonesia saat ini mencapai 138 yang terdiri atas 135 kasus impor dan tiga kasus transmisi lokal.

Kematian massal ikan menimbulkan polusi udara di Danau Maninjau

Kematian massal ikan yang terjadi sejak awal Desember 2021 di Danau Maninjau menimbulkan polusi udara udara di kawasan danau yang berada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Pasien rawat inap Wisma Atlet per hari ini tambah 96 orang

Jumlah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Khusus COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, per Minggu, bertambah 96 orang, apabila dibandingkan dengan angka pada satu hari sebelumnya, Sabtu (1/1), kata Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Kolonel Marinir Aris Mudian.

Khofifah minta tidak panik menyusul terdeteksinya omicron di Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat tidak panik sembari meningkatkan kewaspadaan dengan memperketat protokol kesehatan, menyusul terdeteksinya COVID-19 varian omicron di wilayah setempat.

Minggu ada tambahan 174 kasus COVID-19, terbanyak dari DKI Jakarta

Kementerian Kesehatan menyebut ada tambahan 174 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 pada Minggu, 2 Januari 2021, dengan provinsi yang tambahan kasusnya tertinggi DKI Jakarta, yakni 103 pasien.

Lumba-lumba ditemukan mati di pantai Aceh Selatan

Seekor ikan lumba-lumba dengan panjang sekitar 2,5 meter ditemukan mati di pinggir pantai Desa Ujung Mangki, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Ahad sekitar pukul 11.00 WIB.

Banjir lahar dingin Gunung Semeru terjang sejumlah desa di Lumajang

Banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang sejumlah desa di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, hingga menyebabkan putusnya jembatan darurat penghubung antardesa di wilayah setempat, Minggu sore.

BPBD: 12 kecamatan di Aceh Utara terendam banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara menyatakan banjir di daerah itu kian meluas hingga merendam 12 kecamatan akibat masih tingginya curah hujan.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022