Penajam (ANTARA) - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memberikan bantuan dana sekitar Rp500 juta melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 untuk pengadaan mebeler gedung Perpustakaan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Pembangunan gedung perpustakaan selesai akhir Desember 2021," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Penajam Paser Utara Durajat di Penajam, Senin.

Anggaran pembangunan gedung perpustakaan tersebut bersumber dari bantuan pemerintah pusat melalui DAK Perpustakaan Nasional 2021 lebih kurang Rp10 miliar.

Gedung, kata dia, dibangun bukan hanya untuk perpustakaan tetapi juga untuk Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pembangunan gedung perpustakaan sekaligus Kantor Dispusip Kabupaten Penajam Paser Utara di atas lahan sekitar 17.936 meter persegi tersebut berada di kawasan pusat pemerintahan setempat.

Baca juga: Calon ibu kota negara berencana bangun gedung perpustakaan

Perpustakaan Nasional, kata dia, pada 2022 kembali memberikan bantuan dana untuk pengadaan mebeler di gedung perpustakaan yang baru rampung dibangun itu.

"Kontrak pembangunan gedung perpustakaan Rp9,9 miliar dari pagu DAK Rp10 miliar pada 2021, tahun ini (2022, red.) dikucurkan lagi DAK Rp500 juta untuk pengadaan mebeler," ucapnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih menggunakan mebeler yang ada.

"Sambil menunggu pengadaan mebeler, kami gunakan meja, kursi, dan lemari yang ada saat ini," katanya.

DAK Perpustakaan Nasional 2022 untuk pengadaan mebeler tersebut, lanjut Durajat, akan dilelang terlebih dahulu.

Gedung gedung perpustakaan sekaligus Kantor Dispusip Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut mulai ditempati dan difungsikan tahun ini.

Keberadaan gedung perpustakaan, katanya, penting bagi peningkatan budaya literasi atau minat baca sehingga harus diiringi dengan menyediakan sarana prasarana membaca yang memadai bagi masyarakat.

Baca juga: Perpusnas mutakhirkan data profil perpustakaan Indonesia
Baca juga: Kepala Perpusnas resmikan gedung perpustakaan di Bone, Sulsel
Baca juga: Perpusnas beri dukungan terhadap Pusat Studi Kebencanaan di Aceh

Pewarta: Novi Abdi/Bagus Purwa
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022