Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat mengejar target vaksinasi usia 6 hingga 11 tahun sebanyak 171.000 orang melalui program Vaksin Merdeka Anak.

Target vaksinasi tersebut harus tercapai melalui program Vaksin Merdeka Anak yang bergulir mulai 5-17 Januari 2022.

Baca juga: Wagub DKI sebut vaksinasi anak penting untuk antisipasi Omicron

"Ada 171.000 target yang harus kita vaksin dan saat ini dari data ada sudah 75 persen yang sudah tervaksin," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo saat ditemui di Sekolah Dasar Penabur, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu.

Menurut Ady, seluruh anak terutama murid di wilayah Jakarta Barat untuk menerima vaksin demi meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari paparan COVID-19.

Dengan demikian, kegiatan yang sebelumnya terkendala karena masa pandemi bisa kembali dilakukan, salah satu contoh Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Kita melakukan percepatan vaksinasi supaya anak anak lambat laun bisa belajar secara efektif seperti biasa dengan nyaman tentunya dengan cara tatap muka," ujar Ady.

Lebih lanjut, Ady menjelaskan sentra vaksin ini akan tersebar di beberapa sekolah yang tersebar di kecamatan wilayah Jakarta Barat. Warga setempat pun akan mendapatkan informasi dari pihak kecamatan ataupun kelurahan terkait lokasi vaksin.
​​
Baca juga: Wagub DKI sebut vaksinasi anak usia 6-11 tak ganggu vaksin lain

Dengan upaya ini, Ady berharap seluruh orang tua murid tidak kesulitan untuk mencarikan vaksin bagi sang buah hati.

"Kita butuh dukungan masyarakat dan semua stakeholder untuk mensukseskan program vaksinasi ini karena kita menggelar vaksinasi di semua sekolah," jelas Ady.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan 1,1 juta anak usia 6-11 tahun di Jakarta mendapat layanan vaksinasi COVID-19, baik di sekolah maupun sentra vaksin lainnya.

Anies menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak berusia 6-11 tahun di DKI Jakarta dimulai secara serentak dengan "kick off" atau peluncuran vaksinasi anak di SDN Cempaka Putih Timur 03 Jakarta Pusat.

Anies menjelaskan, layanan vaksin untuk anak terdapat di sekolah-sekolah, rumah sakit dan sentra vaksinasi yang diselenggarakan komunitas maupun lembaga.

Baca juga: 600 siswa SD di Tambora disuntik vaksin COVID-19

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022