Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono siap melanjutkan pembangunan sarana pendidikan untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menteri PUPR mengatakan Presiden Jokowi menginstruksikan kepada Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan dan rehabilitasi sekolah, madrasah, dan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta KDP Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia.

Baca juga: Menteri PUPR komitmen bangun tiga SPAM untuk cegah Jakarta tenggelam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja ke SDN 3 Nglinduk di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada Rabu (5/1). Turut mendampingi juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Anggota Komisi V DPR RI Sudewo, dan Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk para siswa SD yang dilakukan secara serentak di berbagai SD di Jawa Tengah, serta meresmikan bangunan SDN 3 Nglinduk yang selesai direhabilitasi.

SDN 3 Nglinduk merupakan bagian dari paket pekerjaan Rehabilitasi dan Renovasi Sarana dan Prasarana Sekolah Jawa Tengah 1 Kabupaten Grobogan yang dilakukan Kementerian PUPR. Rehabilitasi SDN 3 Nglinduk dilakukan karena sebelumnya bangunan sekolah tersebut sering terkena banjir dan sangat tidak layak digunakan sebagai prasarana pendidikan bagi para murid.

"Sebelum direhab SDN Nglinduk ini setiap tahun terdampak banjir lumpur karena hujan dan posisi tanah yang rendah. Kami sudah merenovasi bangunan sekolah serta membangun drainase seluas 200 m2 di sekeliling sekolah. Sehingga sejak selesai direnovasi pada tahun 2020 tidak pernah terendam banjir lagi," ujar Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah.

Baca juga: Menteri PUPR targetkan penataan kawasan pusaka Lasem tuntas tahun ini

Pekerjaan rehabilitasi SDN 3 Nglinduk dilakukan pada Mei-November 2020 dengan biaya Rp3,3 miliar. Bangunan sekolah yang direhabilitasi seluas 622 meter persegi dengan luas lahan sekolah 3.231 meter persegi.

Lingkup pekerjaan meliputi 7 unit ruang kelas, ruang guru dan kepala sekolah, perpustakaan, kantin, UKS, toilet guru dan siswa, lapangan upacara, tempat cuci tangan, water tank, dan septic tank.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022